4 Kesalahan yang bisa bikin kamu gagal masuk PTN

1 min


58
68 shares, 58 points

Pelajarinfo.id – Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan cita-cita bagi banyak pelajar. Masa depan yang dirasa akan lebih cerah jika masuk perguruan tinggi negeri, menjadikannya primadona dimata pelajar. Tapi, masuk perguruan tinggi tidaklah mudah. Ratusan ribu orang berlomba untuk bisa masuk peguruan tinggi negeri. Banyak dari mereka berusaha habis-habisan hingga mencoba berkali-kali agar bisa masuk PTN. Mereka belajar siang malam agar bisa menjadi bagian dari PTN yang di cita-citakan. 

Lalu apa yang bisa bikin kamu gagal masuk PTN? simak pembahasannya dibawah ini!

1. Belajar buat UN dulu, abis itu baru mikirin soal kuliah
Kalau kamu sekarang ini malah belajar untuk kapasitas tingkat soal cuma selevel UN SMA/SMK, kamu gak akan punya banyak waktu lagi buat belajar untuk soal-soal SBMPTN atau UM dengan tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi.

Artikel menarik Lainnya:  Tips menghilangkan rasa malas!

2. Teknik belajar yang salah
Hampir gak mungkin kamu bisa ngejar bahan materi 3 tahun SMA dengan tingkat kesulitan yang tinggi hanya dengan modal waktu belajar cuma 2 – 3 bulan doang. Makanya jangan sampai kamu ga nemuin teknik belajar yang cocok buat kamu ya.

3. Cuma mengandalkan satu jalur tes doang
Jauh lebih bijak kamu kamu membagi kesempatan untuk beberapa jalur, misalnya selain daftar SNMPTN, kamu juga harus persiapin SBMPTN dengan mindset kalo SNMPTN itu cuma bonus aja. Lalu, ada baiknya juga kamu ikut Ujian Mandiri beberapa Universitas lain.

4. Gak taktis waktu milih jurusan dan tempat kuliah
Jangan ngotot bertaruh untuk kuliah di jurusan A dan HARUS di Universitas X, terus gak mau lihat alternatif lain. Jauh lebih tektis kalo pertama-tama, pikirkan dengan serius jurusan yang kamu mau ambil. Setelah pilihan jurusan mantep, pilih dah beberapa Univeristas terbaik yang membuka jurusan tersebut.

Artikel menarik Lainnya:  3 Manfaat Pendidikan Online dan Kekurangannya

Jadi gimana pejuang PTN? apakah kamu sudah melakukan 4 hal diatas?. Jika belumboleh dong dicoba, siapa tau berhasil 🙂 Selamat berjuang!


Like it? Share with your friends!

58
68 shares, 58 points

What's Your Reaction?

hate hate
118
hate
confused confused
826
confused
fail fail
472
fail
fun fun
354
fun
geeky geeky
236
geeky
love love
1062
love
lol lol
1180
lol
omg omg
826
omg
win win
472
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format