Carissa Lulusan S2 ITB dengan IPK 4,00 bagikan Tips Belajar Efektif

1 min


77
87 shares, 77 points

Pelajarinfo – Carissa Tibia Walidayni meraih gelar Magister (S2) dengan prestasi membanggakan, terutama meraih predikat cum laude dengan IPK 4.00. Prestasi akademik luar biasa ini menjadi kebanggaan kedua orang tuanya. Carissa baru-baru ini menyelesaikan program Magister Sains Manajemen di Institut Teknologi Bandung (ITB), mencapai IPK sempurna, dan hasil penelitiannya bahkan berhasil dipublikasikan dalam jurnal Scopus Q1.

Motivasi Carissa untuk melanjutkan studi S2 dipengaruhi oleh dorongan dari kedua orang tuanya. Meskipun pada awalnya Carissa menganggap studi S2 sebagai hal umum, ia kemudian menyadari banyak manfaat yang diperoleh, terutama dalam hal komitmen.

“Kita sudah tahu bahwa mengambil keputusan S2 ini pasti ada konsekuensinya, tapi pada akhirnya kita tetap maju dan di sinilah kita sekarang. Kita adalah orang-orang yang berani. Jadi berani memulai, berani juga menyelesaikan,” ungkap Carissa seperti dilansir dari laman ITB pada Senin (27/11/2023).

Artikel menarik Lainnya:  Kisah Kartini Mendirikan Sekolah Khusus Perempuan

Multitasking adalah Kunci Utama

Mahasiswa program magister cenderung memiliki latar belakang yang beragam, termasuk yang sudah berkeluarga atau sibuk bekerja. Carissa, sebagai contoh, menjalani program S2 sambil bekerja sebagai asisten dosen. Bagi Carissa, kemampuan multitasking menjadi kunci utama dalam menjalani perkuliahan.

Meskipun fokus pada kegiatan perkuliahan sebagai prioritas, Carissa menegaskan pentingnya menjaga kehidupan sosial. Menurutnya, multitasking dapat berhasil jika seseorang mampu mengelola waktu, tenaga, dan pikiran dengan baik.

Aktif Berdiskusi dengan Dosen dan Teman

Carissa menganggap bahwa untuk meraih prestasi, strategi belajar yang efektif sangat diperlukan. Salah satu strateginya adalah mengerjakan tugas kuliah dengan cerdas. Jika menghadapi kesulitan memahami materi baru, Carissa tidak ragu untuk berdiskusi dengan dosen atau teman. Melalui berdiskusi, Carissa merasa dibantu dalam menyelesaikan tugas seperti penulisan tesis dan publikasi jurnal.

Artikel menarik Lainnya:  Inspiratif! Marhamdani, anak Buruh Tani ini Raih IPK 3,92 di Fakultas Kedokteran Unsoed

Dengan sering berdiskusi baik dengan dosen maupun teman, terutama saat berkumpul di kafe, Carissa merasakan dukungan mental yang membantunya mengatasi berbagai tantangan selama masa kuliah.

Setelah berhasil menyelesaikan studi, Carissa memiliki rencana untuk mencari pengalaman di dunia industri riset dan analisis data. Dengan pengalaman yang cukup, ia juga bermaksud melanjutkan studi doktoral untuk memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat dan mengembangkan karier profesionalnya.

Carissa menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada keluarga, dosen, tenaga kependidikan, kolega, dan teman atas dukungan mereka. Sebagai pesan untuk mahasiswa lain yang ingin mencapai kesuksesan akademik, Carissa menekankan pentingnya menjalani perkuliahan secara maksimal, mengembangkan diri, dan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada.

“Prinsip saya selama menjalani S2, yaitu kerja keras (tangguh), kerja cerdas (berstrategi), dan kerja ikhlas (menata niat),” ungkapnya.

5/5 - (15 votes)

Like it? Share with your friends!

77
87 shares, 77 points

What's Your Reaction?

hate hate
472
hate
confused confused
1180
confused
fail fail
826
fail
fun fun
708
fun
geeky geeky
590
geeky
love love
236
love
lol lol
354
lol
omg omg
1180
omg
win win
826
win
Super Admin

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format