4+ Tips Lolos SNMPTN yang Bisa Anda

3 min


45
55 shares, 45 points
SNMPTN

Info Pelajar – Bagi para pejuang PTN, khususnya yang mengambil jalur seleksi masuk SNMPTN, anda diberikan kemudahan untuk tidak mengikuti UTBK (ujian tes berbasis komputer) layaknya pada jalur SBMPTN. Namun bukan berarti, jalur masuk ini merupakan jalur yang mudah untuk diikuti. Nah, bagaimana caranya agar anda bisa masuk kampus impian dengan jalur ini ? simak tips lolos SNMPTN berikut ini.

SNMPTN

Pengertian Dan Tips Lolos SNMPTN

Pengertian dari SNMPTN  yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur masuk ini bisa disebut sebagai jalur undangan, karena peserta seleksi ini terlebih dahulu harus mempersiapkan persiapan dari saat masih berada di sekolah menengah atas.

Agar anda bisa dengan mudah lolos dari jalur masuk SNMPTN ini. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan. Diantaranya :

1.Meningkatkan Nilai Akademik Dan Prestasi Selama Di sekolah Menengah Atas

Kebanyakan para pejuang PTN yang memilih jalur ini telah mempersiapkan diri dari tahun-tahun sebelumnya. Terutama saat masih berada di sekolah menengah atas. Informasi mengenai SNMPTN ini biasanya diperoleh dari guru di sekolah, alumni hingga pusat informasi lainnya.

Sehingga setelah merencanakan untuk masuk PTN dengan jalur ini, para pejuang PTN ini telah mempersiapkan diri dengan meningkatkan nilai akademik, minimal dalam 5 semester terakhir. Bukan nilai akademik saja, prestasi yang pernah diraih juga sangat menentukan dalam proses seleksi melalui jalur ini.

Dan satu hal lagi, untuk pejuang PTN yang ingin masuk fakultas seni dan olahraga, hendaknya dari jauh-jauh hari telah mempersiapkan portofolio. Adapun isi dari portofolio tersebut, yaitu yang berkenaan  dengan kegiatan dan proyek yang pernah dilakukan.

Artikel menarik Lainnya:  Tips Terbaik Mengembangkan Bakat Anak Sejak Dini

2. Meminta Bantuan Pihak Sekolah

Meminta bantuan pihak sekolah disini yaitu dengan memberitahukan keinginan anda untuk mengikuti SNMPTN. Dengan demikian, pihak sekolah akan membantu anda dalam pengisian NISN ( nomor induk siswa nasional ) hingga nilai rapor dan nilai prestasi lainnya yang didaftarkan di PDSS.

Selain itu, pihak sekolah juga akan mempersiapkan persyaratan yang harus dipenuhi  lembaga pendidikan asal. Dalam hal ini sekolah menengah atas tempat anda bersekolah. Persyaratan yang dimaksud yaitu mengisi NPSN ( nomor induk pokok sekolah nasional ) serta jumlah siswa yang mendaftar SNMPTN melalui akreditasi sekolah.

3. Terdaftar Di PDSS

PSDS ini merupakan singkatan dari pangkalan data siswa dan sekolah. Sistem ini merupakan rekam jejak siswa selama bersekolah disana. Baik itu mengenai nilai rapor, prestasi, hingga hal-hal lainnya yang menjadi persyaratan masuk PTN.

Terdaftar di PDSS ini juga merupakan salah satu tips lolos SNMPTN. Nah, sebagai informasi, berikut ini akan disertakan cara pengisian di PSDS. Diantaranya :

  • Buka  situs PSDS di laman https://pdss.ltmpt.ac.id.

  • Mengecek informasi mengenai data dan dan jurusan sekolah.

  • Pengisian peringkat siswa di kelas.

  • Pengisian nilai akademik dan prestasi siswa.

4. Memiliki Akun LTMPT

Tips lolos SNMPTN selanjutnya yaitu memiliki akun LTMPT. Dengan memiliki akun LTMPT ini, maka para pejuang PTN secara otomatis bisa mengikuti seleksi masuk PTN. LTMPT ini sendiri merupakan singkatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Lembaga ini berada di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Nah, untuk memudahkan anda untuk melakukan registrasi akun LTMPT ini. Berikut beberapa panduannya. Diantaranya :

  • Buka situs LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id.

  • Klik menu daftar.

  • Baru setelah anda mengklik menu tersebut, anda bisa langsung mengklik menu siswa.

  • Langkah selanjutnya, anda tinggal mengisi NISN ( nomor induk siswa nasional ), NPSN ( nomor pokok sekolah nasional ), dan tanggal lahir.

  • Jika telah selesai, anda tinggal mengklik menu selanjutnya.

  • Masukkan alamat email aktif di kolom yang telah tersedia.

  • Setelah mengisi email, anda bisa langsung mengklik menu daftar.

  • Dan selanjutnya, anda akan melihat tampilan notifikasi untuk memverifikasi akun.

Artikel menarik Lainnya:  Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

5. Memverifikasi Akun LTMPT

Setelah anda melakukan registrasi  LTMPT, maka tips lolos SNMPTN selanjutnya yaitu dengan memverifikasi akun tersebut. adapun caranya yaitu,

  • Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id/, dengan menggunakan alamat email dan password yang sama dengan yang didaftarkan sebelumnya.

  • Setelah berada di halaman utama ( dashboard ), anda akan melihat beberapa tampilan. Pilihlah menu verifikasi dan validasi data sekolah/siswa ( verval ).

  • Isi kolom NIK  ( nomor induk kependudukan ) pada KTP, agama, alamat, nomor telepon dan data lainnya pada kolom yang telah tersedia.

  • Klik menu perbarui data.

  • Langkah selanjutnya anda tinggal mengunggah pas foto, kemudian klik menu simpan permanen.

Itu dia beberapa tips lolos SNMPTN yang bisa anda lakukan. Jadi, selama anda bisa mengikuti prosedur dan juga tips-tips diatas, maka anda jangan pernah takut tidak lolos seleksi dengan jalur ini. Karena selama anda tidak menganggap SNMPTN ini sebagai beban, maka anda bisa melewatinya dengan mudah. Dan tentu saja, akan memuluskan jalan anda untuk masuk kampus impian seperti yang diinginkan.


Like it? Share with your friends!

45
55 shares, 45 points

What's Your Reaction?

hate hate
118
hate
confused confused
826
confused
fail fail
472
fail
fun fun
354
fun
geeky geeky
236
geeky
love love
1062
love
lol lol
1180
lol
omg omg
826
omg
win win
472
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format