Tips Pejuang PTN Lolos Kampus Impian

4 min


46
56 shares, 46 points

Info Pelajar – Sebagai pejuang PTN, tentunya anda telah mempersiapkan segala sesuatunya agar nantinya anda bisa masuk kampus impian. Baik itu secara administrasi, biaya hingga persiapan untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa. Namun ternyata hal itu tidaklah cukup, karena anda juga diharuskan mengetahui tips pejuang PTN masuk kampus impian.

Strategi Dan Tips Pejuang PTN Masuk Kampus Impian

Setiap pejuang PTN tentunya memiliki keinginan agar bisa masuk kampus impian. Bukan di saat ini saja, bahkan dari jauh-jauh hari, atau mungkin dari tahun-tahun sebelumnya, anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Namun karena banyaknya yang mendaftar, maka peluang untuk diterima di PTN tersebut terasa amat sulit ya..

Nah, agar anda bisa masuk kampus impian dengan mudah. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan. Diantaranya :

1.Kenali Minat Diri Sendiri Dan Bidang Yang Akan Ditekuni

Minat Menggambar

Tips pejuang PTN masuk kampus impian yang pertama yaitu dengan mengenali minat diri. Dengan minat yang dimiliki bisa menjadi faktor penentu bagi bidang yang akan dipilih nantinya. Contohnya jika anda memiliki minat yang besar terhadap science, pastinya anda akan memilih fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) sebagai bidang yang anda pilih nantinya.

Begitupun jika anda lebih tertarik terhadap teknik, anda juga bisa memilih bidang tersebut  sebagai fakultas yang anda pilih. Dengan mengenali minat diri sendiri juga bisa menjadi pemacu semangat agar anda mengejar impianmu untuk masuk di kampus impian, melalui bidang yang kamu kuasai.

2. Cari Tahu Mengenai Potensi Diri

Selain mengetahui minat diri, ada baiknya juga anda mengenali potensi diri yang dimiliki. Misalnya saja, jika anda memiliki minat terhadap science, namun ternyata nilai tertinggi dalam akademik di sekolah adalah dari pelajaran bahasa. Maka, jika seandainya anda tidak lolos seleksi untuk bidang mipa, anda juga bisa mengikuti seleksi untuk bidang bahasa.

Artikel menarik Lainnya:  Tips Terbaik Meningkatkan Konsentrasi Anak

Dengan begitu, anda tidak harus selalu terpaku pada satu bidang saja. Potensi diri juga bisa mempengaruhi penilaian pada seleksi SNMPTN. Dimana dengan jalur seleksi masuk SNMPTN ini, yang menjadi patokan adalah nilai akademik dari 5 semester terakhir. Nah, jika nilai akademik bahasamu ternyata lebih tinggi dari science, kenapa anda tidak coba masuk kampus impianmu melalui bidang bahasa ?

3. Mencari Tahu PTN Yang Menawarkan Program Studi Sesuai Minat Dan Potensi Diri

Pada umumnya, beberapa PTN memang menawarkan program studi yang berkaitan dengan bidang ekonomi dan bisnis dan juga bidang ilmu sosial dan politik. Namun tidak semua kampus yang juga menawarkan bidang pertanian, bidang teknik, seni, dan sebagainya.

Maka dari itu, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan, yaitu ada untuk mencari tahu apakah kampus yang anda impikan tersebut menawarkan program studi yang sesuai dengan minat dan potensi anda. dengan demikian, anda bisa mempersiapkan untuk menentukan jalur seleksi masuk yang akan diikuti nantinya.

4. Menentukan Jalur Seleksi Masuk

Menentukan jalur seleksi masuk ini juga bisa menjadi salah satu tips pejuang PTN masuk kampus impian. Ada beberapa jalur seleksi masuk yang bisa anda pilih. Diantaranya melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, serta jalur mandiri.

Untuk SNMPTN, anda harus mempersiapkan nilai akademik yang diperoleh selama 5 semester terakhir berada di sekolah menengah atas. Sementara untuk SBMPTN, anda tak perlu menyertakan semua itu. Namun anda diharuskan untuk mengikuti ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) yang terdiri dari 2 sesi.

Selain kedua jalur seleksi masuk tersebut, ada juga yang dinamakan jalur mandiri. Jalur ini diadakan oleh kampus tertentu saja. Dan terkadang, kuota yang disediakan juga dibatasi maksimal hingga 30% dari total keseluruhan mahasiswa baru. Namun karena tidak semua kampus menawarkan jalur ini, maka ada baiknya untuk mencari tahu apakah kampus impian anda tersebut menyediakan jalur ini atau tidak.

Artikel menarik Lainnya:  Tips Memulai Bisnis Sampingan Agar Lebih Sukses

5. Penuhi Semua Persyaratan

Setelah langkah-langkah diatas telah anda lakukan, maka selanjutnya anda tinggal menyiapkan segala persyaratan. Dari mulai administrasi, biaya pendaftaran dan lainnya. Untuk jalur SNMPTN, ada tambahan persyaratan berupa nilai rapor, jejak alumni hingga nilai prestasi yang diraih semasa berada di sekolah menengah atas.

6. Perbanyak Latihan

Untuk jalur SBMPTN dan jalur seleksi mandiri, salah satu prosedur yang akan anda jalani adalah dengan mengikuti UTBK. Maka tips pejuang PTN masuk kampus impian, yaitu dengan memperbanyak latihan. Baik itu dengan mengikuti try out yang diadakan di sekolah ataupun tempat lain. Atau bisa juga dengan mengikuti bimbel, dan sebagainya.

7. Perbanyak Berdoa

Setelah semua cara telah anda lakukan, maka tips pejuang PTN masuk kampus impian selanjutnya yaitu memperbanyak berdoa. Karena hanya dengan cara ini, semua usaha anda bisa membuahkan hasil. Dengan berdoa ini juga bisa memudahkan anda untuk tidak mudah putus asa sekiranya, anda belum berhasil lolos seleksi masuk kampus impian di tahun ini.

Demikian beberapa tips pejuang PTN masuk kampus impian yang bisa anda ikuti. Dengan melakukan tips-tips tersebut, anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dari sebelum pelaksanaan seleksi. Dengan demikian, anda bisa jauh lebih siap untuk menjalani seleksi. Sehingga anda bisa dengan mudah lolos, dan bisa segera diterima sebagai mahasiswa baru di kampus impian anda tersebut.


Like it? Share with your friends!

46
56 shares, 46 points

What's Your Reaction?

hate hate
826
hate
confused confused
354
confused
fail fail
1180
fail
fun fun
1062
fun
geeky geeky
944
geeky
love love
590
love
lol lol
708
lol
omg omg
354
omg
win win
1180
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format