Tips Memilih Jurusan SBMPTN Sesuai Kemampuan

2 min


54
65 shares, 54 points
SBMPTN

Pelajarinfo.id – Selain melalui jalur seleksi masuk SNMPTN, anda juga bisa memilih jalur SBMPTN. Meskipun jalur ini terbilang tidak mudah, mengingat peserta harus mengikuti UTBK. Namun jalur ini juga bisa dianggap sebagai jalur alternatif. Terutama bagi yang belum lolos seleksi SBMPTN. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara memilih jurusan SBMPTN.

Bagaimana Cara Memilih Jurusan SBMPTN?

Ujian

Salah satu faktor penting yang harus anda pikirkan sebelum mengikuti seleksi melalui jalur ini yaitu memilih jurusan yang akan dipilih. Cara memilih jurusan SBMPTN ini memanglah tidak mudah. Karena jurusan yang akan anda pilih, menentukan masa depan anda. Karena jika anda salah memilih, bisa-bisa berpengaruh pada karir anda nantinya.

Nah, salah satu cara memilih jurusan SBMPTN ini, yaitu dengan mengikuti tips-tips berikut ini. Diantaranya :

1. Pilihlah Jurusan Sesuai Minat

Salah satu tips yang bisa anda lakukan yaitu dengan memilih jurusan sesuai minat. Contohnya jika anda memiliki minat dan bakat dalam bidang bahasa. Maka anda bisa memilih jurusan SBMPTN untuk bidang bahasa.

Begitupun jika anda memiliki minat di bidang seni, filsafat ataupun yang lainnya. Jurusan yang anda pilih berdasarkan minat ini bisa membuat anda merasa nyaman. Karena sesuai dengan apa yang kamu minati.

Artikel menarik Lainnya:  Pengertian Fumigasi, dan Kenapa Diperlukan

2. Memilih Jurusan SBMPTN Sesuai Potensi Diri

Tips memilih jurusan SBMPTN selanjutnya yaitu dengan mencari tahu potensi diri. Artinya anda bisa melihat nilai akademik dan prestasi yang anda kuasai. Jika dirasa salah satu bidang tersebut memiliki nilai akademik yang lebih tinggi dari yang lainnya.

Maka anda bisa memilih jurusan yang sesuai dengan bidang tersebut.Meskipun terkadang bidang yang anda kuasai tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Namun hal itu tak menjadi masalah, jika jurusan tersebut malah akan membuatmu lolos seleksi.

Contohnya anda memiliki minat dalam bidang seni, namun ternyata nilai akademik di bidang tersebut tidak lebih baik dari nilai di bidang manajemen. Maka tips memilih jurusan SBMPTN yang bisa anda ambil yaitu di bidang ekonomi dan manajemen.

3. Mengambil Jurusan Yang Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Selain yang telah disebutkan tadi, tips memilih jurusan SBMPTN lainnya yaitu dengan mengambil jurusan yang dibutuhkan dunia kerja saat ini. Anda bisa mencari tahu informasi mengenai hal ini melalui informasi lowongan kerja. Disana anda bisa mengetahui posisi apa yang paling dibutuhkan di dunia kerja saat ini.

Misalnya untuk posisi desain grafis, ilmu komunikasi, dan sebagainya. Dari sana anda bisa mengambil keputusan untuk memilih jurusan SBMPTN ini. Jika dirasa bidang yang anda minati tidak memiliki peluang untuk lolos seleksi, anda bisa memilih jurusan sesuai yang dibutuhkan dunia kerja di masa sekarang.

Artikel menarik Lainnya:  Melepas SNMPTN = Blacklist, apa benar?

4. Kenali Peluang Lolos Seleksi

Hal ini juga bisa menjadi cara memilih jurusan SBMPTN selanjutnya. Umumnya bidang yang banyak diminati orang memiliki peluang lebih kecil untuk bisa lolos seleksi. Berbeda dengan bidang yang kurang diminati, yang biasanya memberikan peluang besar untuk lolos tahap seleksi ini.

Namun harus diperhatikan juga, bahwa meskipun anda memilih jurusan yang memiliki peluang lebih besar untuk lolos. Namun ada baiknya, bidang tersebut sesuai dengan apa yang anda minati. Karena jika anda memilih jurusan yang tidak anda inginkan, maka dipastikan anda akan merasa jenuh ataupun merasa tidak nyaman nantinya.

Itu dia beberapa cara memilih jurusan SBMPTN yang bisa menjadi rekomendasi bagi anda. Dengan memilih salah satu dari tips di atas, bukan tak mungkin, anda bisa langsung lolos seleksi dengan mudah. Maka dari itu, mengenali minat, potensi diri hingga mencari tahu tentang bidang yang dibutuhkan dunia kerja saat ini bisa menjadi penentu untuk memilih jurusan yang bisa anda pilih nantinya.


Like it? Share with your friends!

54
65 shares, 54 points

What's Your Reaction?

hate hate
118
hate
confused confused
826
confused
fail fail
472
fail
fun fun
354
fun
geeky geeky
236
geeky
love love
1062
love
lol lol
1180
lol
omg omg
826
omg
win win
472
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format