Tips Terbaik Meningkatkan Semangat Belajar Anak

3 min


57
68 shares, 57 points

Pelajarinfo.id – Cukup sering kalangan anak-anak merasa bosan ketika diminta oleh orang tuannya untuk belajar. Baik itu mempelajari mata pelajaran dari sekolah maupun jenis pelajaran lainnya. Seorang anak kecil kadang menganggap belajar merupakan kegiatan yang kurang menyenangkan.

Hal seperti ini sebenarnya wajar terjadi pada kalangan anak-anak. Mengingat kebanyakan anak kecil lebih suka menjalankan aktivitas yang bisa membuat mereka senang. Misalnya seperti memainkan permainan yang menjadi kesukaan mereka dan lainnya.

Sebagai orang tua, tidak seharusnya langsung marah pada anak ketika mereka malas untuk belajar. Ada baiknya membuat inovasi baru. Misalnya memanfaatkan aktivitas mereka sambil belajar.

Bisa saja memilih jenis permainan yang bisa memberikan mereka edukasi baru. Contoh permainannya bisa saja seperti puzzle dan jenis permainan lainnya. Ada banyak jenis permainan yang bisa memberikan edukasi baru pada anak anda.

Hanya saja sebagai orang tua harus bisa membedakan jenis permainan mana yang baik dimainkan oleh anak mereka. Terlebih bisa berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak hingga menumbuhkan semangat belajar anak.

Namun pada dasarnya belajar merupakan aktivitas yang sangat berguna bagi anak. Terlebih bila dibandingkan dengan aktivitas bermain. Secara umum aktivitas belajar mampu mengasah kemampuan akademis anak lebih baik.

Bila saat ini anak anda mengalami penurunan terhadap minat belajar. Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan guna bisa meningkatkan semangat belajar anda lebih baik lagi.

Beberapa tips yang bisa meningkatkan semangat belajar anak diantaranya yakni:

Terus Beri Dukungan Pada Anak

Hal pertama yang perlu dilakukan orang tua yakni terus memberikan dukungan pada anak. Tujuannya agar minat belajar mereka tidak pernah berkurang. Bisa saja anda memberikan mereka fasilitas belajar lebih baik lagi sebelumnya.

Anggap saja saat ini anak anda hobi menghitung. Coba berikan fasilitas yang berkaitan dengan pelajaran menghitung. Misalnya saja fasilitas alat hitung berupa bentuk mainan dengan warna yang berbeda.

Sederhana memang. Namun hal ini bisa menumbuhkan serta meningkat semangat belajar anak lebih baik lagi. Terkadang seorang anak semakin antusias untuk belajar bila memang kedua orang tuanya memberikan dukungan penuh. Dalam artian seorang anak merasa di perhatikan secara penuh ketika melakukan sesuatu aktivitas.

Jalin Komunikasi Dengan Anak

Seberapa sibuk pun orang tua, seharusnya tidak melupakan untuk terus memberikan perhatian pada anak. Termasuk juga tidak melupakan untuk terus berkomunikasi dengan si buah hati.

Artikel menarik Lainnya:  Tips Terbaik Mengembangkan Bakat Anak Sejak Dini

Anda bisa saja menanyakan kegiatan mereka ketika di sekolah. Bisa juga menjawab pertanyaan sederhana yang mereka sampaikan ketika sedang asyik belajar di rumah. Kadang seorang anak senang ketika pertanyaan mereka di jawab sekalipun itu sederhana.

Hal simpel seperti ini sebenarnya berdampak pada minat belajar anak. Maka dari itu jangan cuek ketika anak anda menyampaikan sebuah pertanyaan. Menjawab pertanyaan anak juga tidak perlu membutuhkan waktu banyak. Bahkan bisa anda lakukan di sela waktu ketika sedang menjalankan aktivitas rumah.

Coba Berikan Anak Reward

Reward yang diberikan pada anak sebenarnya bisa menjadi salah satu faktor menumbuhkan minat belajar. Sebenarnya tidak harus memberikan reward yang besar pada anak. Bisa saja reward berupa mainan kesukaan anak.

Sekalipun sederhana, hal ini bisa membuat anak anda senang. Terlebih mampu meningkatkan semangat belajar. Ketika mereka mendapatkan reward terkadang anak lebih terpacu lagi untuk terus belajar agar bisa mendapatkan reward kembali.

Namun sebaiknya jangan terlalu sering memberikan reward juga. Karena bisa saja anak tidak mau belajar lagi ketika tidak mendapatkan reward tersebut di kemudian hari.

Coba Jelaskan Manfaat Belajar Pada Anak

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan sebagai orang tua anak yakni menjelaskan manfaat belajar pada mereka. Contoh sederhana saja. Anggap saja anak anda memiliki cita-cita menjadi seorang dokter. Nah, coba jelaskan bila cita-cita dokter tersebut bisa dirinya raih bila rajin belajar setiap waktu.

Dengan demikian anak semakin terpacu untuk belajar guna bisa meraih apa yang sudah dirinya inginkan selama ini. Namun jangan lupa menyampaikan bila belajar tersebut jauh berguna untuk masa depan dirinya.

Terapkan Waktu Belajar Secara Disiplin

Meningkatkan semangat belajar lebih baik lagi bisa dengan menerapkan waktu belajar secara disiplin. Ketika anda sudah tahu jam belajarnya, mereka bisa langsung meninggalkan aktivitas lain sejenak.

Waktu belajar yang diberikan pada anak tidak perlu lama. Mungkin cukup 30 menit setiap harinya. Sekalipun dengan waktu singkat, hal ini bisa menjadi kebiasaan mereka setiap harinya.

Terus lakukan pemilihan waktu yang konsisten pada anak agar mau belajar. Namun ada baiknya juga anda menemani mereka ketika belajar. Agar mereka merasa di dukung secara penuh untuk melakukan hal tersebut.

Artikel menarik Lainnya:  Tips menghilangkan rasa malas!

Coba Berikan Contoh yang Baik Pada Anak

Kalangan anak-anak sudah pasti lebih mudah meniru kebiasaan orang lain di sekitarnya. Termasuk juga meniru kebiasaan dari orang tua mereka. Maka dari itu sebaiknya anda juga memberikan contoh yang baik.

Misalnya saja memberikan contoh minat belajar setiap waktu pada mereka. Bisa saja dengan membaca buku setiap hari. Tanpa di sadari nantinya anak anda juga mengikuti kebiasaan tersebut. Hal sederhana tersebut nantinya bisa menumbuhkan minat baca anak juga di kemudian hari.

Ajak Anak Berlibur

Terkadang anak merasa lelah ketika seharian harus melakukan aktivitas sekolah. Atau merasa lelah setelah melaksanakan ujian sekolah. Sebagai orang tua, tidak ada salahnya mengajak mereka berlibur ketika ada waktu.

Reward seperti ini bisa menjadi faktor meningkatkan semangat belajar. Hanya saja harus bisa memilih waktu yang tepat. Dalam artian jangan mengajak anak libur bila memang belum tiba waktu liburan. Dikarenakan bisa mengganggu kegiatan mereka di sekolah nantinya.

Pada dasarnya tidak perlu mengunjungi wilayah yang jauh. Bisa saja berlibur di tempat yang sangat mereka sukai. Dengan demikian mereka bisa melepas lelahnya aktivitas sebelumnya. Kemudian menumbuhkan minat belajar mereka kembali.

Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan di Rumah

Apa jadinya bila ruang belajar di rumah cukup membosankan. Bahkan ruangan tersebut tidak bisa membuat mereka nyaman. Anggap saja sirkulasi udara tidak begitu baik. Jelas hal tersebut bisa menurunkan minat belajar.

Maka dari itu ciptakan suasana belajar lebih menyenangkan di rumah. Bisa saja dengan menyediakan ruangan yang baik. Sirkulasi udara lancar, ruangan yang lumayan besar, dilengkapi dengan fasilitas belajar dan lainnya.

Tetapi jangan lupa, anda juga harus antusias ketika anak belajar. Contohnya menemani mereka belajar, membantu mereka menjawab soal yang belum mereka pahami. Dengan cara ini nantinya anak anda merasa betah melakukan aktivitas belajar tersebut. Sekalipun belajar tersebut dilakukan di rumah dan bukan di sekolah.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan agar bisa meningkatkan semangat belajar lebih baik. Semoga artikel ini bisa berguna bagi anda. Secara khusus bisa mendidik anak anda lebih baik dan memiliki kecerdasan otak maupun minat belajar yang semakin besar.


Like it? Share with your friends!

57
68 shares, 57 points

What's Your Reaction?

hate hate
354
hate
confused confused
1062
confused
fail fail
708
fail
fun fun
590
fun
geeky geeky
472
geeky
love love
118
love
lol lol
236
lol
omg omg
1062
omg
win win
708
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format