Tips Sukses Kuliah sambil Kerja/Kelas Karyawan

3 min


56
66 shares, 56 points
Wisuda Pelajar Info
Foto wisuda mimin & Teman-teman

Info Pelajar – Pendidikan merupakan hal yang penting bagi semua orang. Namun tidak semua orang mampu untuk menempuh pendidikan yang diinginkan. Terkadang masalah biaya menjadi penyebabnya, sehingga untuk hal ini kuliah sambil bekerja (Kelas Karyawan) merupakan salah satu solusinya.

Bagi kalian kalian yang ingin kuiah tapi terbentur dana jangan parah semangat dulu. Karena pasti ada jalan disetiap masalah. Jika ada kemauan dan tenaga lebih keras, kalian bisa mencoba pendidikan sembari bekerja.

Tantangan bagi Mahasiswa Kelas Karyawan

Ada 2 pilihan, kamu ingin bekerja sambil kuliah atau kuliah sambil bekerja?

Bekerja sambil kuliah yang dimaksud adalah kamu bekerja sebagai karyawan seperti pada umumnya dengan jam kerja seperti karyawan pada umumnya, kemudian selepas bekerja kamu bisa kuliah, atau kuliah di hari weekend. dan maksud Kuliah sambil bekerja adalah, kamu kuliah kelas reguler, lalu bekerja freelance.

Untuk soal biaya kelas karyawan itu biasanya relatif lebih mahal dibandingkan dengan kelas reguler. Tinggal pilihan kalian mau ambil yang menurut kalian murah atau mahal, akreditasi c atau a, Kamu bisa memilih sesuai keinginan dan kemampuanmu. 11 PTS dengan Kelas Karyawan terbaik di Jakarta

Lalu tantangannya apa? biasanya tantangan bagi mahasiswa kelas karyawan pada umumnya itu:

  • Waktu istirahat yang kurang, karena waktu yang biasanya dipakai untuk istirahat akan terpakai untuk kuliah serta mengerjakan tugas.
  • Waktu belajar yang terbatas, karena akan bentrok dengan jadwal kerja kalian. APALAGI KALAU ADA DEADLINE!
  • Ngantuk saat Bekerja, Kelelahan saat kuliah. Ituda tadi datangnya karena kurangnya waktu istirahat.
  • Tumpukan tugas yang ga tau kapan bisa dikerjakan karena waktu yang sempit.
  • Weekend? jangan harap untuk liburan! tugas tuh numpuk segera dikerjakan sebelum IPK mu anjlok. Main? Nongkrong? ya disambi ngerjain tugas haha.
  • dll
Artikel menarik Lainnya:  4+ Tips Lolos SNMPTN yang Bisa Anda

Kuliah sambil kerja memang berat bagi banyak orang. Bagaimanapun kamu harus bisa sabar dan komitmen pada apa tujuan kamu berkuliah. Ingat Orang Tua parti Bangga saat kamu pakai Toga, apalagi hasil keringat sendiri!

Wisuda, Pelajar Info
Foto mimin waktu wisuda setelah 4 tahun menjadi mahasiswa kelas karyawan, Coba tebak mimin yang mana? jawab di kolom komentar yaa!

Lalu gimana kak biar kita bisa sukses kuliah sambil bekerja?

Berikut Pelajar Info memberikan Tipsnya supaya Kuliah sambil Kerja kamu Lancar dan Optimal!

FOKUS!

Kamu harus bisa fokus dengan pekerjaan dan perkuliahanmu. Jangan terlalu banyak main dan nongkrong, kalau tugas kuliah dan deadline pekerjaan kamu belum selesai. Mintalah teman, keluarga serta pasangan kalian karena waktu bersama mereka akan banyak berkurang.

Seimbangkan komitmen antara bekerja dan kulian, sehingga kamu tau bahwa keduanya merupakan hal yang penting.

Atur Waktu dengan baik

Mengatur waktu terkadang merupakan hal sulit bagi sebagian orang, kalian haru memiliki manajemen waktu yang baik. Pastikan kalian bisa fokus pada waktu kuliah dan bekerja. Diluar itu kalian harus bisa mengatur kapan kalian belajar, mengerjakan tugas, serta menyelesaikan deadline pekerjaan.

Buatlah waktu yang kalian miliki menjadi lebih efektif sehingga semua tugas dan deadline bisa terselesaikan tepat waktu, badanpun tidak “hancur” karena begadang.

Berterus Terang Kepada Atasan

Jika kalian sudah bekerja terlebih dahulu sebelum kuliah, pastikan kalian izin ke atasan terlebih dahulu agar atasan kalian bisa memaklumi jika ada kegiatan kampus, jadwal ujian, atau bimbingan yang bentrok dengan jam kantor.

Jika kalian baru masuk kerja setelah kuliah maka sampaikan bahwa selain bekerja kalian juga sedang kuliah. Menyampaikan kondisi semacam ini sangan penting untuk kelancaran pekerjaan dan perkuliahan kalian.

Artikel menarik Lainnya:  Bingung Cari Jurusan? Inilah Cara Ampuh Pilih Jurusan Kuliah Yang Tepat!

Setidaknya atasanmu bisa memahami kondisimu dan bisa memberikan kebijakan tertentu sesuai kondisi tersebut.

Cermat memilih Jurusan

Jika kamu sudah bekerja lebih dulu, akan lebih mudah dalam menentukan jurusan. Kalian bisa memiliki gambaran yang lebih luas dan nyata tentang karir seperti apa yang kalian inginkan. Kamu tinggal memilih pendidikan yang bisa menunjang karirmu itu.

Jika kamu sudah kuliah terlebih dahulu, kemudian memutuskan mengambil kerja freelance, kecermatanmu dalam memilih jurusan akan berpengaruh besar ke masa depanmu.

Saat kamu salah memilih jurusan, akan menjadi distraksi besar pada pekerjaanmu. Pekerjaan bisa kamu jadikan alasan untuk lari dari kuliah yang sebenarnya kamu tidak nyaman dengan jurusannya.

Maka dari itu, pastikan kamu cermat memilih jurusan sebelum memutuskan berkuliah. Kamu bisa mencari informasi tentang bidang apa yang sekiranya kamu sukai, pahami, dan kuasai.

Manfaatkan Teknologi untuk Menunjang Kuliah dan Pekerjaan

Sekarang semua hal sudah dimudahkan teknologi. Kamu hanya perlu mengoptimalkan fungsinya supaya bisa membantu meringankan aktivitasmu. Kamu bisa mengefisiensikan waktu dan bisa lebih efektif saat mengerjakan berbagai hal. Baik itu yang berkaitan dengan pekerjaan maupun tugas kuliah.

Upgrade Diri

Kuliah sekaligus bekerja bisa bermanfaat untuk upgrade diri. Kamu bisa mencari relasi baru. Memiliki relasi yang banyak akan memberikan banyak manfaat kedepannya. Bertemu dengan banyak orang baru, kamu bisa mendapat banyak perspektif, informasi, dan juga pengetahuan baru.

Pengetahuan yang kamu dapatkan di perkuliahan bisa coba kamu aplikasikan di tempat kerja. Pendidikan yang sudah kamu ambil harus bisa mendukungmu meningkatkan karir

Kuliah sambil kerja butuh banyak pengorbanan dan komitmen. Semoga dengan ulasan di atas, kamu memiliki sedikit gambaran harus bagaimana menjalaninya. Selalu fokus dan ingat apa tujuan kalian berkuliah sambil bekerja.


Like it? Share with your friends!

56
66 shares, 56 points

What's Your Reaction?

hate hate
944
hate
confused confused
472
confused
fail fail
118
fail
fun fun
1180
fun
geeky geeky
1062
geeky
love love
708
love
lol lol
826
lol
omg omg
472
omg
win win
118
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format