Tips Terbaik Meningkatkan Konsentrasi Anak

3 min


52
63 shares, 52 points

Pelajarinfo.id – Melihat tumbuh kembang anak lebih cepat memang menjadi impian semua orang tua. Bisa dipastikan semua orang tua cukup senang ketika melihat anak mereka tumbuh dengan sehat, cerdas dan menjadi anak yang mampu mengikuti semua pelajaran.

Namun tumbuh kembang anak lebih baik tidak bisa dilakukan secara mandiri oleh anak. Perlu juga peran kedua orang tua dalam pertumbuhan mereka setiap waktu. Peran orang tua bukan hanya mengajarkan mata pelajaran layaknya di sekolah saja. Namun bisa juga ikut mengambil perang ketika si anak asyik bermain sebuah permainan.

Tumbuh kembang anak bukan hanya berfokus pada kesehatan tubuh saja. Namun bisa dilihat dari aspek lainnya. Salah satunya tumbuh kembang pada konsentrasi mereka.

Meningkatkan konsentrasi anak bukan hanya mengajarkan mereka pelajaran seperti di sekolah saja. Namun konsentrasi anak juga bisa di kembangkan atau ditingkatkan melalui aktivitas yang mereka lakukan.

Diantaranya bisa dilakukan ketika mereka sedang bermain. Maka dari itu perlu sekali memberikan jenis permainan yang bisa memberikan edukasi bagi mereka. Termasuk juga yang melibatkan si anak lebih konsentrasi ketika sedang bermain.

Secara perlahan, konsentrasi mereka bisa lebih berkembang. Meskipun hanya dilakukan dengan salah satu permainan. Termasuk juga jenis permainan yang amat mereka sukai.

Sebenarnya terdapat beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai orang tua guna meningkatkan konsentrasi anak. Beberapa tips yang dimaksudkan yakni sebagai berikut ini:

Tips Terbaik Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Mengajak Mereka Bermain Game Fokus

Pada dasarnya umur kanak-kanak, tidak heran bila si buah hati lebih sering bermain. Bahkan banyak juga dari anak-anak lebih sedikit bisa fokus pada pelajaran yang disampaikan kedua orang tuanya. Hal seperti ini seebeenarnya wajar saja terjadi. Dikarenakan usia dini memang merupakan masa dimana mereka menikmati aktivitas yang menyenangkan.

Sebenarnya, sebagai orang tua yang ingin meningkatkan konsentrasi anak. Bisa saja menjadikan aktivitas mereka untuk tujuan meningkatkan konsentrasi mereka. Misalnya saja melalui permainan game yang sedang mereka mainkan.

Bisa saja anda mengajak si buah hati bermain game yang berkaitan dengan meningkatkan konsentrasi. Misalnya saja jenis permainan puzzle, permainan kartu sederhana, permainan tebak angka. Serta masih banyak lagi jenis permainan yang bisa anda mainkan bersama si buah hati guna meningkatkan konsentrasi mereka.

Artikel menarik Lainnya:  Tips Menjadi Pengusaha Sambil Sekolah

Namun pastikan ketika sedang bermain mereka tidak beralih konsentrasi pada hal lain. Misalnya saja terganggu dengan perangkat gadget. Maka bisa saja anda menjauhkan perangkat gadget untuk sementara ketika sedang bermain dengan si buah hati.

Ketika mereka terlihat antusias mengikuti permainan. Serta bisa memecahkan tantangan pada permainan tersebut. Maka berikan mereka stimulus. Stimulus bisa saja berupa kue atau hal lainnya. Hal ini nantinya bisa menjadi kegembiraan tersendiri bagi mereka sehingga ingin terus bermain permainan yang bisa meningkatkan konsentrasi yang sudah anda pilih sebelumnya.

Beri Anak Makanan Sehat

Sudah menjadi rahasia umum bila makanan sehat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Baik itu kesehatan tubuh orang dewasa hingga kalangan anak-anak. Banyak sekali jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi. Bahkan memiliki vitamin yang berguna bagi setiap anggota tubuh.

Bagi anda sebagai orang tua. Serta memiliki anak di umur yang masih belia. Sangat disarankan memberikan mereka makanan bergizi setiap waktu.

Hal ini bisa membuat kesehatan tubuh mereka lebih baik. Kemudian bisa meningkatkan konsentrasi anak. Cukup sulit bisa meningkatkan konsentrasi maupun kesehatan anak bila tidak diimbangi dengan makanan sehat setiap waktunya.

Pastikan Anak Mendapatkan Jam Istirahat yang Cukup

Terkadang memang cukup sulit mengajak anak-anak untuk istirahat. Misalnya saja di siang hari. Secara otomatis banyak kalangan anak-anak menghabiskan waktu mereka untuk bermain ketika siang.

Sebagai orang tua, seharusnya anda tidak terus mengikuti keinginan mereka. Mungkin membiarkan mereka bermain pada saat siang hari sesekali tidak menjadi masalah. Namun jangan lakukan hal tersebut secara terus menerus.

Perlu anda ketahui, seorang anak kecil perlu mendapatkan jam istirahat yang sesuai setiap harinya. Hal ini bisa berdampak pada kesehatan mereka, serta berpengaruh juga pada tingkat konsentrasi anak.

Maka dari itu, bila anda ingin meningkatkan konsentrasi anak. Ada baiknya mengajak mereka istirahat siang setiap hari. Istirahat bisa saja seperti duduk bersama anda sambil membaca buku, atau bisa juga tidur siang.

Terlihat sederhana namun hal ini berpengaruh besar pada tumbuh kembang anak. Terutama pada tingkat konsentrasi anak.

Coba Pahami Metode Belajar Anak

Cukup jelas bila setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda-beda. Ada yang bisa belajar sambil mendengar musik. Suka membaca buku yang ada gambarnya dan lainnya sebagainya.

Artikel menarik Lainnya:  Jenis Usaha Sampingan Untuk Anak Kuliah Yang Menjanjikan

Hal seperti ini sebenarnya juga terjadi pada kalangan anak kecil. Ada juga anak kecil yang bisa belajar sambil mendengarkan musik. Misalnya saja musik instrumental dengan nada lembut. Suka membaca buku yang ada gambarnya. Lebih suka mencoret-coret kertas sambil menggambar karakter yang mereka sukai dan lain sebagainya.

Anda sebagai orang tua harusnya bisa memahami metode belajar yang sering mereka lakukan. Bila memang mereka lebih suka mencoret-coret buku dengan menggambar sebuah pola.

Bisa saja anda menyiapkan mereka buku gambar. Termasuk buku mewarnai, dan jenis lainnya. Memang sederhana, namun hal seperti ini bisa menumbuhkan minat belajar bagi mereka. Kemudian secara perlahan bisa meningkatkan kecerdasan serta meningkatkan konsentrasi mereka.

Intinya jangan memaksa mereka untuk mengikuti metode belajar yang anda berikan. Tetapi coba mengikuti metode belajar yang lebih mereka sukai sesekali. Dengan demikian antusias mereka untuk belajar lebih besar. Bahkan bisa berdampak pada kecerdasan otak hingga konsentrasi mereka menjadi lebih terlatih.

Kesimpulan

Bila saat ini anak sedikit mengalami masalah pada hal konsentrasi. Anda sebagai orang tua jangan terlalu panik dahulu. Sebenarnya konsentrasi anak bisa ditingkatkan pada level yang lebih baik lagi.

Hanya saja anda harus memahami pola seperti apa yang baik diterapkan. Terlebih dengan tujuan dapat meningkatkan konsentrasi mereka. Beberapa poin di atas mungkin bisa anda lakukan pada anak anda saat ini.

Selain beberapa poin di atas, sebenarnya masih banyak lagi hal lain yang bisa diterapkan pada si buah hati. Dengan tujuan meningkatkan kecerdasan otak serta meningkatkan konsentrasi mereka.

Intinya lakukan hal sederhana dahulu dengan anak anda. Misalnya saja mengajak mereka melakukan aktivitas kecil seperti bermain permainan kesukaan mereka.

Di sela permainan tersebut anda bisa memberikan tantangan atau hal lainnya. Dengan tujuan bisa mengajak mereka lebih antusias serta lebih bisa konsentrasi.

Namun ada baiknya ketika si anak sedang asyik bermain. Jangan sampai mereka terganggu terhadap hal lainnya. Misalnya saja suara televisi, hand phone maupun jenis gangguan lainnya.

Ketika mereka tidak mengalami gangguan saat bermain. Secara otomatis konsentrasi mereka berfokus pada satu hal yakni pada permainan yang sedang dimainkan.

Tanpa disadari hal ini nantinya secara perlahan mampu meningkatkan konsentrasi anak lebih baik lagi dari sebelumnya.


Like it? Share with your friends!

52
63 shares, 52 points

What's Your Reaction?

hate hate
590
hate
confused confused
118
confused
fail fail
944
fail
fun fun
826
fun
geeky geeky
708
geeky
love love
354
love
lol lol
472
lol
omg omg
118
omg
win win
944
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format