Permainan Edukasi Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

4 min


61
72 shares, 61 points

Pelajarinfo.id – Setiap orang tua pasti ingin melihat tumbuh kembang anak mereka lebih baik. Termasuk juga ingin melihat kecerdasan anak terus meningkat setiap waktunya. Maka dari itu tidak heran terkadang kalangan orang tua mengajarkan beberapa hal pada anak mereka guna bisa mengasah kecerdasan anak mereka.

Ada juga orang tua yang mengajarkan berhitung, bernyanyi dan masih banyak hal lainnya yang dilakukan kalangan orang tua.

Namun tahukah anda bila untuk melatih maupun untuk meningkatkan kecerdasan anak bisa juga dilakukan dengan berbagai jenis permainan?

Ada banyak jenis permainan edukatif yang bisa anda mainkan bersama si buah hati. Tujuannya cukup jelas yakni meningkatkan kecerdasan anak-anak anda.

Maka dari itu sangat penting sekali membiarkan anak-anak anda bermain di masa kanak-kanak. Hanya saja perlu diperhatikan juga jenis permainan yang mereka mainkan. Sebaiknya membiarkan mereka memainkan jenis permainan yang bisa mendidik. Dalam artian yang bisa bermanfaat bagi mereka. Baik itu mengasah daya ingat, hingga mengasah kecerdasan mereka.

Berikut ini beberapa jenis permainan yang bisa anda mainkan bersama si buah hati. Terlebih guna bisa meningkatkan kecerdasan mereka. Jenis permainan tersebut diantaranya ialah:

Bermain Melipat Kertas

origami melipat kertas

Terlihat sederhana serta simpel. Namun jenis permainan melipat kertas sejatinya bisa membuat konsentrasi anak lebih baik lagi. Terutama mampu meningkatkan kecerdasan si buah hati.

Dalam permainan melipat kertas, secara otomatis anak mengikuti instruksi yang diberikan. Dari hal inilah nantinya tingkat konsentrasi mereka bisa terlatih. Bisa saja ibu membuat pola melipat kertas untuk membuat burung, kupu-kupu dan jenis bentuk lainnya.

Pastikan anda menggunakan kertas yang memiliki warna. Biasanya seorang anak kecil lebih senang dengan adanya warna berbeda. Kemudian dari kertas berwarna tersebut bisa menjadi karakter yang mereka sukai. Cukup jelas hal ini bisa melatih kecerdasan anak lebih meningkat setiap waktu.

Bermain Puzzle

puzzle

Permainan puzzle sebenarnya bukan hanya jenis permainan yang sering dimainkan kalangan dewasa saja. Namun jenis permainan ini juga sangat cocok dimainkan bersama si buah hati.

Bahkan melalui permainan puzzle bisa mengasah ketangkasan otak anak. Dalam artian mereka bisa belajar memecahkan teka-teki sederhana. Lebih tepatnya permainan puzzle ini bisa melatih motorik halus anak. Tentunya permainan puzzle ini termasuk dalam salah satu permainan edukasi.

Artikel menarik Lainnya:  Tempat Wisata Edukatif Jabodetabek (Part 1 - Kota Tua, Jakarta)

Jadi sangat cocok anda perkenalkan jenis permainan ini pada anak anda bila ingin meningkatkan kecerdasan otak mereka. Selain bisa meningkatkan kecerdasan otak, tentunya cukup aman untuk dimainkan oleh mereka.

Bermain Permainan Bricks

bricks

Permainan bricks sejatinya termasuk juga dalam salah satu jenis permainan edukasi. Tentunya sangat cocok dimainkan bersama anak anda. Dalam permainan ini kecerdasan otak anak bisa terlatih.

Kemudian bisa juga mengasah kerja sama anak bersama lawan mainnya. Permainan ini cukup mudah dimainkan. Anak anda cukup mengikuti instruksi yang sudah diberikan. Dengan demikian secara otomatis fokus anak juga ikut terlatih.

Bila anak anda berhasil membentuk pola dari susunan bricks. Bisa saja anda memberikan apresiasi pada anak. Misalnya saja memberikan tepuk tangan atau memberikan kue kesukaan mereka.

Semakin sering anda memberikan apresiasi maka semakin semangat juga mereka untuk bermain. Hal ini nantinya perlahan bisa mengasah kemampuan berfikir, fokus, maupun kecerdasan mereka.

Bermain Permainan Profesi

profesi anak

Jenis permainan edukasi lainnya yang bisa dimainkan bersama anak yakni jenis permainan profesi. Hal ini bisa menjadi jenis permainan yang membantu minat anak sejak dini.

Ada banyak jenis permainan profesi yang dimainkan. Misalnya saja mulai dari permainan profesi dokter, memasak, bermain musik dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Ada baiknya anda membiarkan anak memilih jenis permainan profesi sesuai keinginan mereka. Dengan tujuan agar mereka bisa lebih antusias ketika mengikuti permainan. Meskipun terlihat sederhana, pada dasarnya jenis permainan ini bisa melatih mereka berkomunikasi, konsentrasi dan melatih mereka untuk berbicara lebih lancar lagi.

Namun perlu dipastikan juga bila peralatan permainan profesi tersebut aman ketika digunakan oleh anak. Misalnya bisa memilih peralatan yang tidak berpotensi melukai mereka.

Pilihlah jenis peralatan yang lembut dan ringan. Dengan demikian semakin mudah bagi mereka melakukan permainan tersebut nantinya tanpa mengalami kendala apapun.

Bermain Finger Painting

finger painting

Terkadang banyak dari orang tua yang tidak suka melihat anaknya dalam keadaan kotor. Misalnya saja ada noda di tangan. Bila memang jenis kotoran yang menempel pada tangan anak tidak baik. Sedikit wajar orang tua melarang mereka memainkan permainan tersebut.

Namun bila kotoran yang digunakan tidak membahayakan bahkan dalam kategori baik. Jelas seharusnya orang tua mendukung anak memainkan permainan tersebut.

Artikel menarik Lainnya:  Guru SMP Harus Mengenal Dampak Pengembangan Literasi Untuk Siswa Didiknya

Saat ini ada jenis permainan memiliki nilai edukasi salah satunya finger painting. Permainan ini memang menggunakan berbagai jenis warna atau tinta. Namun tinta yang digunakan dipastikan sangat aman ketika disentuh oleh si buah hati.

Permainan ini pada dasarnya bisa melatih imajinasi si buah hati. Bisa saja mengajak anak menggambar dari cat yang sudah disediakan. Dengan demikian imajinasi mereka bisa terus terlatih setiap waktu. Bahkan orang tua juga bisa melihat bakat anak sejak dini bila memang mereka mampu menyalurkan imajinasi lewat karya sederhana yang sudah dibuat.

Bermain Permainan Menebak Angka

menebak angka 

Jenis permainan lainnya yang termasuk permainan edukasi ialah menebak angka. Permainan ini bila dimainkan secara terus menerus bersama si buah hati. Maka hal tersebut bisa melatih konsentrasi anak.

Cukup mudah memainkan jenis permainan ini. Namun permainan ini bisa menjadi jenis permainan menantang bagi si buah hati. Anggap saja ibu memberikan angka 1, 2, 3, 5, 6.

Maka tanya pada anak angka apa yang hilang. Biarkan anak menyebutkan angka satu persatu. Bila memang mereka belum bisa menyebutkan angka yang hilang. Ada baiknya tidak marah pada mereka. Di saat itu anda bisa mengajarkan mereka untuk menghitung secara perlahan.

Bila si buah hati sudah bisa menghitung angka yang hilang. Bisa saja anda memberikan tantangan baru. Misalnya saja memberikan angka lebih besar. Tujuannya jelas bisa melatih konsentrasi maupun kecerdasan anak anda.

Sudah pasti, semakin sering anda memainkan permainan ini. Maka kemampuan anak dalam berhitung juga perlahan semakin baik. Bisa jadi mereka mampu menghafal semua angka dari 1 hingga 100 dalam waktu cepat.

Beberapa jenis permainan edukasi yang sudah di sebutkan di atas tentunya sangat baik anda mainkan bersama si buah hati saat ini. Selain bisa menjalin kedekatan dengan anak, tentunya bermanfaat juga untuk melatih kecerdasan otak mereka.

Masih banyak lagi jenis permainan edukasi lainnya bisa dimainkan bersama anak anda. Namun yang perlu ditekankan, coba ubah kebiasaan bermain anak anda dengan hal bermanfaat.

Misalnya saja mengajak mereka bermain permainan yang bisa mendidik. Dikarenakan pada usia dini merupakan waktu yang tepat menanamkan konsep pada anak-anak. Hingga nantinya bisa berguna bagi mereka ketika dewasa.


Like it? Share with your friends!

61
72 shares, 61 points

What's Your Reaction?

hate hate
1062
hate
confused confused
590
confused
fail fail
236
fail
fun fun
118
fun
geeky geeky
1180
geeky
love love
826
love
lol lol
944
lol
omg omg
590
omg
win win
236
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

3 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format