Tips Sukses Sekolah Daring (Online) di Masa Pandemi

5 min


61
71 shares, 61 points

Sekolah Online di Masa Pandemi, Pelajarinfo.id – Saat ini menjalankan pelajaran tanpa bertatap langsung dengan tenaga pengajar sudah menjadi rutinitas. Pada awalnya setiap siswa harus bertatap muka dengan guru secara langsung ketika ingin belajar. Secara khusus sistem pendidikan yang ada di Indonesia.

Namun ketika adanya pandemi global seperti saat ini. Seluruh siswa tidak lagi bertatapan langsung dengan guru bila ingin belajar. Pemerintah yang ada di Indonesia membuat program pendidikan secara online. Dengan tujuan mengurangi dampak yang bisa ditimbulkan dari pandemi saat ini pada siswa atau peserta didik.

Sekalipun peserta didik tidak lagi mengikuti aktivitas belajar langsung di sekolah. Bisa dipastikan pelajaran yang diterima tidak berbeda dengan jenis pengajaran sebelumnya sebelum masa pandemi.

Pembelajaran online yang dijalankan saat ini. Secara khusus di Indonesia, merupakan sebuah teknik pembelajaran yang memberikan tantangan tersendiri. Tantangan tersebut bukan hanya dirasakan oleh siswa maupun guru saja. Melainkan dirasakan juga oleh orang tua murid.

Ada beberapa tips untuk para peserta didik dalam menjalankan pembelajaran online. Bahkan tips ini juga disampaikan oleh menteri pendidikan Indonesia Nadiem Makarim.

Beberapa tips yang dimaksudkan ialah sebagai berikut:

  1. Hindari Pikiran Stress

    Hindari Pikiran Stress
    Pikiran stress yang terjadi saat ini bukan hanya bingung menghadapi suasana pandemi. Namun kadang terjadi karena bingung mengoperasikan teknologi canggih saat ini. Secara khusus yang digunakan untuk peserta didik untuk mengikuti pembelajaran secara online.Awal menggunakan teknologi canggih untuk mengikuti pembelajaran berbasis online bisa saja membingungkan. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan pikiran yang terlepas dari rasa stress. Bahkan hal ini juga disampaikan oleh menteri pendidikan Indonesia.

    Dari pembelajaran online ini peserta didik bisa mengetahui atau belajar hal baru. Termasuk juga mempelajari metode terbaik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

  2. Membagi Kelas Dalam Beberapa Kelompok

    Membagi Kelas Dalam Beberapa Kelompok
    Tips kedua ini lebih ditekankan untuk tenaga pengajar atau guru. Pembagian kelompok belajar yang dimaksudkan bisa berdasarkan dengan kompetensi yang sama. Dikarenakan setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda.Maka dengan pembagian kelompok ini siswa semakin mudah memahami pelajaran. Dalam artian lebih fokus untuk memahami materi yang diberikan. Bahkan dengan pembagian kelompok dalam belajar juga bisa lebih mudah mencapai tujuan pembelajaran yang sedang dilaksanakan.

  3. Menerapkan Project Based Learning

    Menerapkan Project Based LearningTips ini juga lebih ditekankan pada tenaga pengajar atau guru. Dengan adanya sistem pembelajaran projects based learning ini maka guru semakin mudah memberikan tugas pada siswa.
    Dengan adanya tugas yang diberikan pada masing-masing kelompok. Maka siswa bisa lebih aktif serta antusias untuk mengikuti pelajaran yang sedang disampaikan. Kemudian siswa juga akan bisa membangun kerja sama lebih baik lagi dengan anggota kelompoknya.Namun guru juga disarankan tidak meragukan kemampuan siswa untuk mengatur diri sendiri. Tetapi guru juga perlu membimbing mereka dalam mengelola kelompok dengan tujuan bisa menyelesaikan tugas yang sudah diberikan sebelumnya.

  4. Berikan alokasi waktu lebih banyak untuk murid yang tertinggal

    Berikan alokasi waktu lebih banyak untuk murid yang tertinggalHal ini berkaitan erat dengan poin sebelumnya. Yakni setiap siswa memiliki kemampuan pemahaman terhadap pelajaran berbeda-beda.Kadang kala ada siswa yang bisa memahami pelajaran hanya lewat satu kali penjelasan saja. Namun ada juga siswa yang bisa paham ketika dijelaskan berulang kali.

    Maka dari itu penting sekali seorang guru memberikan alokasi waktu lebih lagi. Secara khusus untuk siswa yang tertinggal. Dalam artian masih belum paham akan materi yang disampaikan.
    Tindakan ini tentunya bisa membangun karakter yang baik. Maupun bisa menumbuhkan kepercayaan diri bagi setiap siswa. Sehingga nantinya mereka bisa lebih rileks ketika belajar kembali dengan murid lainnya saat pandemi berakhir.

    Tetapi perlu juga ada tindakan nyata dari orang tua siswa. Misalnya membantu anak-anak mereka untuk bisa memahami pelajaran yang mungkin belum bisa dipahami. Dengan demikian bukan hanya kedekatan peserta didik saja yang bisa tumbuh. Tetapi kedekatan orang tua dengan anaknya juga semakin erat.

  5. Usahakan Jangan Terburu-Buru

    Usahakan Jangan Terburu-BuruPenekanan agar tidak terburu-buru ini sebenarnya lebih mengarah untuk tetap bisa fokus. Secara khusus perlu dilakukan oleh semua tenaga pengajar atau guru. Seorang tenaga pengajar lebih baik fokus pada hal terpenting.Contohnya lebih memperhatikan setiap siswa. Termasuk dari segi pemahaman terhadap materi yang sedang disampaikan hingga bisa menyelesaikan setiap tugas yang diberikan.

    Seorang guru tidak bisa hanya mengejar tayang sebuah silabus pelajaran saja. Bila melakukan hal tersebut maka pembelajaran yang sudah disampaikan tidak bisa mencapai tujuan awal.

    Hal ini bahkan disampaikan juga oleh Anwar Makarim atau lebih dikenal dengan Nadiem selaku menteri pendidikan Indonesia saat ini.

  6. Belajar Dari Guru Lainnya

    Belajar Dari Guru LainnyaBukan hanya murid yang memiliki perbedaan dari pemahaman hal baru. Salah satunya pemahaman teknologi bidang pendidikan. Hal ini juga dialami oleh beberapa guru saat ini.
    Terkadang ada beberapa guru yang cepat paham dalam mengoperasikan teknologi pendidikan. Namun ada juga guru lainnya yang lambat dalam memahami penggunaan teknologi tersebut.
    Maka dari itu, sebagai tenaga pengajar, tidak ada salahnya meminta bantuan dari guru lainnya bila memang ada hal yang belum dipahami. Terlebih penggunaan teknologi atau sistem pembelajaran online. (ujar Nadiem).Ketika guru sudah paham dengan benar akan penggunaan teknologi sebagai sarana penyampai pembelajaran. Maka semakin mudah mencapai tujuan belajar seperti konsep awal yang sudah di bangun.

    Jadi bukan hanya murid saja yang dituntut untuk belajar hal baru terkait pembelajaran berbasis online. Namun seorang tenaga pendidik juga dituntut juga bisa memahami pembelajaran saat ini. Terlebih pembelajaran online di masa pandemi.

  7. Berusaha Tetap Have Fun

    Berusaha Tetap Have FunMenteri pendidikan Nadiem sendiri juga mengatakan bila mengajar bukanlah pekerjaan mudah. Terlebih membuat sesorang peserta didik mampu memahami segala sesuatu baru dengan cepat.
    Namun sekalipun mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Pada dasarnya tidak harus suasana selalu membosankan. Suasana belajar yang menyenangkan bisa saja diciptakan bila memang tahu cara mengatasinya dengan baik.Dengan sistem pembelajaran online saat ini. Tenaga pengajar sebenarnya bisa lebih mudah membuat siswa tampak antusias. Misalnya saja menerapkan pembelajaran yang melibatkan banyak siswa. Seperti memberikan pertanyaan, melakukan percobaan serta banyak karya lainnya yang bisa diterapkan.

    Dengan demikian yang tadinya mengajar lebih sering dikatakan sulit, maka bisa lebih hidup. Bahkan bisa menciptakan suasana belajar mengajar menjadi rutinitas yang menyenangkan bagi siswa-siswi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan, terlebih agar bisa sukses sekolah online di masa pandemi.

Sekalipun kegiatan belajar mengajar jauh berbeda dari sebelumnya. Sebenarnya tujuan pembelajaran tetap bisa tercapai. Bahkan bisa sesuai dengan silabus yang sebelumnya sudah disusun.

Pada intinya, dengan terjadinya pandemi saat ini, diharapkan tidak menyurutkan minat belajar bagi siswa-siswi. Maka dari itu mari kita bersama-sama memberikan semangat bagi para tenaga pengajar maupun peserta didik agar selalu antusias untuk mengikuti pelajaran.

Semua tujuan belajar bisa tercapai dengan mudah bila dilakukan secara bersama. Atau dukungan dari semua pihak. Bahkan tidak terkecuali dukungan dari orang tua murid.


Like it? Share with your friends!

61
71 shares, 61 points

What's Your Reaction?

hate hate
472
hate
confused confused
1180
confused
fail fail
826
fail
fun fun
708
fun
geeky geeky
590
geeky
love love
236
love
lol lol
354
lol
omg omg
1180
omg
win win
826
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format