Pelajarinfo.id – Apabila kamu sedang mencari info dan referensi tentang cara menggunakan Zoom Meeting, bagaimana cara menggunakan Zoom Meeting atau cara menggunakan Zoom Cloud Meeting di laptop dan HP, maka kamu sudah menemukan artikel yang pas, artikel yang cocok, karena disini akan dibahas tentang tips dan cara menggunakan Zoom Meeting dari A sampai Z, jadi silahkan simak artikel ini sampai selesai.
Pasca Badan Kesehatan Dunia atau WHO menetapkan status pandemi pada virus corona, banyak perusahaan mengharuskan karyawannya untuk bekerja di rumah atau istilah populernya work from home (WFH).
Gerakan WFH mengharuskan karyawan tetap bekerja meskipun tidak datang ke kantor.
Kemajuan teknologi informas dan komunikas membantu para pekerja untuk melakukan hal produktif meskipun mereka bekerja dari rumah.
Banyak aplikasi bertebara yang membantu para karyawan untuk tetap melakukan tugasnya, seperti meeting, berdiskusi bahkan bertemu klien. Salah satu aplikasi yang sedang populer untuk work from home adalah Zoom.
Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang banyak diunduh guna mendukung gerakan WFH agar penyebaran virus corona dapat diminimalisir.
Tidak hanya karyawan, banyak mahasiswa dan siswa sekolah menengah yang menggunakan aplikasi Zoom untuk media belajar-mengajar. Meskipun aplikasi tersebut sedang naik daun, tetapi sesungguhnya masih banyak yang belum tahu bagaimana menggunakan aplikasi tersebut.
Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat kamu gunakan untuk melakukan meeting menggunakan Zoom :
-
Pertama, siapkan aplikasi Zoom.
Aplikasi ini tersedia untuk ponsel bersistem operasi Android ataupun iOS. Selain itu, Zoom juga tersedia untuk PC ataupun laptop.
-
Kemudian buka aplikasi Zoom.
Jika kamu menggunakan ponsel, langsung klik dan tunggu beberapa saat. Uniknya, baik pengguna ponsel maupun PC tidak harus membuat akun Zoom jika ingin menggunakan aplikasi tersebut.
-
Klik Link
Jika kamu sudah menerima link atau tautan untuk melakukan pertemuan dari orang lain, kamu bisa langsung mengklik link tersebut. Secara otomatis, aplikasi ini akan terbuka dan kamu bisa langung melakukan percakapan video dengan kolega atau rekan kantor.
-
Membuat Link
Jika kamu belum memiliki link atau tautan video pertemuan, kamu bisa membuatnya dengan cara mengklik “Pertemuan Baru”. Nanti, kamu akan mendapatkan meeting ID dan passwordnya yang bisa kamu bagikan kepada kolega dan rekan kerja kamu.
-
Persetujuan
Sebelum masuk dan terhubung dengan video pertemuan, kamu akan diberikan pilihan apakah hanya suara saja tanpa video atau video full.
-
Selesai.
Kamu bisa melakukan pertemuan sekarang menggunakan Zoom
-
Kamu bisa mengaturnya di pengaturan sebelum masuk ke video pertemuan.
Selain itu, kamu juga bisa menonaktifkan microphone di layar sehingga kamu bisa meminimalisir kebisingan jika kamu berada di lingkungan yang bising.
Perlu diingat bahwa Zoom membatasi video pertemuan hanya 40 menit saja. Jika kamu melakukan video pertemuan dan merasa waktu 40 menit kurang lama, kamu bisa melakukan langkah-langkah dari awal lagi sehingga waktu video pertemuan kamu bertambah 40 menit lagi dan seterusnya.
Meskipun waktunya dibatasi, Zoom memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah meeting yang bisa dijadwalkan, video dan audio yang berkualitas HD, dan fitur rekaman dan transkripsi yang dapat disimpan di dalam penyimpanan cloud. Menarik, bukan?
Nah itu tadi artikel tentang tips dan cara menggunakan zoom meeting dari rumah kamu, untuk keperluan kerja, atau sekedar untuk kangen-kangenan dengan keluarga jauh yang tak bisa ketemu langsung saat ini. Semoga setelah membaca artikel ini, ada hal positif yang bisa kamu dapatkan, demikian, salam sukses dan sampai jumpa diartikel yang lainnya.
mantep nih aplikasi zoom, nice info gan