Bangga! Mischka & Devon Peraih Puluhan Medali Olimpiade Matematika Di Masa Pandemi

4 min


96
107 shares, 96 points

Pelajarinfo.id – Pandemi tidak menjadi halangan untuk dua bersaudara bernama Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo untuk mencatatkan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia. Mereka mampu meraih 33 medali olimpiade matematika dan sains tingkat internasional selama tahun 2021.

“Sejak pandemi kita punya banyak waktu luang, jadi kita gunakan kesempatan ini untuk kegiatan positif, belajar daan ikut olimpiade. Di 2021 ini saja kami sudah menang 33 medali dari olimpiade matematika dan sains internasional.” Jelas Mischka dalam Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) Edisi Tangguh Tanpa Mengeluh secara daring di Jakarta, Rabu.

Terbaru, Mischka dan Devon berhasil meraih 2 medali emas untuk Indonesia dari Hua Xia Cup Final Round, dan juga beberapa medali dari Singapore International Math Olimpiad Challenge (SIMOC).

Mischka yang kini menduduki kelas 8 di ACS Jakarta mengatakan selama mengikuti kompetisi, tantangan terbesarnya justru berasal dari diri sendiri. Jadi perlu memotivasi diri sendiri, komitmen pada diri sendiri untuk mendapatkan medali dan jangan pernah menyerah.

Saat ditanya soal kedala apa yang dihadapi saat belajar dimasa pandemi, menurutnya memang ada. Meski sudah di era teknologi informasi dan komunikasi yang maju, sehingga belajar daring bukanlah suatu  persoalan besar, tetapi tetap ada kekurangannya saat komunikasi dengan jaringan yang tidak stabil.

Mischka dan Devon mengaku ikut olimpiade matematika karena sangat menantang. Lebih dari itu, olimpiade membuat mereka dapat belajar lebih baik, lebih teliti, dan bisa belajar matematika lebih dari yang seharusnya.

Sementara Devon yang saat ini menduduki kelas 7 di ACS Jakarta mengaku mendapat tantangan selama pandemi, tapi musti diatasi untuk dapat hasil yang lebih baik. “Kadang kita harus ingat apa ‘Main goal’ kita”.

Saat ditanya ingin mengambil jurusan apa saat kuliah nanti, Devon yang pernah mengantongi medali emas dari WMI Final Competition tersebut mengaku belum tahu pasti. Namun yang jelas ingin mempelajari teknologi karena suka dengan sesuatu yang berhubungan dengan teknologi.

Sedangkan Mischka mengaku bahwa dirinya ingin mengambil jurusan komunikasi publik, politik atau hukum saat kuliah nanti.

Artikel menarik Lainnya:  Tips Menjadi Mahasiswa Teladan dan Berprestasi

Lalu bagaimana cara Mischka dan Devon belajar, ya?
Yuk simak cerita dan perjuangan mereka di sini!

Cara Belajar Mischka dan Devon hingga Bisa Mendapatkan Medali Olimpiade Matematika

Mischka dan Devon peraih 33 medali olimpiade matematika

Menurut Mischka dan Devon, jika sudah mendekati waktu olimpiade, mereka akan belajar dan mempersiapkan diri dengan matang. Biasanya mereka belajar matematika untuk olimpiade setelah jam makan malam. Belajarnya juga baru selesai jam 12 malam bahkan kadang bisa sampai jam 1 hingga 2 pagi. Tidak ada metode khusus, asalkan terus berlatih, karena semakin banyak berlatih mengerjakan soal, maka akan semakin paham dengan matematika.

“Untuk metode khusus belajar matematika, tidak ada yang spesial sih. Yang harus kita ingat, matematika itu ‘practice make perfect’, or actually, ‘practice make you better’. Semakin sering kita latihan dan mencoba untuk menyelesaikan soal yang menantang, secara tidak langsung mengasah otak kita menjadi lebih baik, membuat kita lebih mudah untuk mengatasi soal yang sulit dan memahami hal lain lebih banyak lagi,” jelas Mischka dan Devon.

Mischka dan Devon memang menyukai matematika dari kecil, namun apakah mereka pernah merasa januh?. Tentu saja, disaat jenuh biasanya Mischka dan Davon akan mencari kegiatan lain yang bisa membuat pikiran mereka menjadi lebih fresh.

“Jenuhnya sih cuma sebentar, bukan jenuh yang nyerah tidak mau belajar matematika lagi, karena kita memang suka matematika. Waktu rasa jenuh itu datang, biasanya kita alihkan dengan aktivitas berbeda yang bisa refresh pikiran dan otak kita,” jelas mereka.

Mereka juga menyarankan untuk mencoba berkreasi dengan matematika, lalu cari cara belajar matematika yang menyenangkan. “Be creative, and have fun! Matematika tidak selalu membosankan,” lanjutnya.

Peran Orang Tua dalam Prestasi yang Diraih Mischka dan Devon

Mischka dan Devon peraih 33 medali olimpiade matematika

Semua prestasi yang berhasil diraih oleh Mischka dan Devon tentunya juga hasil dukungan kedua orang tua mereka. Mischka dan Devon sendiri adalah anak dari desainer ternama Winnie Aoki yang pernah membuat gaun untuk anak Beyonce, Blue Ivy.

Walaupun kerap sibuk dengan bisnis, Winnie dan suaminya selalu menemani anak-anaknya belajar. Mischka dan Devon juga mengaku bahwa orang tuanya selalu ada di saat mereka membutuhkannya.

“Mereka akan selalu memprioritaskan kita, misalnya kalau kita perlu bantuan, baik itu hanya sekadar pertanyaan sekolah, kesulitan menjawab soal matematika yang kompleks, sampai hal besar mendampingi kita di suatu event, mereka selalu ada untuk kita,” jelas Mischka dan Devon.

Artikel menarik Lainnya:  Cerita Andi Safa Afianzar Lolos ITB di Usia 16 Tahun

Lebih lanjut, mereka pun bercerita bahwa setiap malam orang tuanya selalu meluangkan waktu untuk membimbing dan membantu menyelesaikan semua masalah yang terjadi di hari itu, supaya Devon dan Mischka bisa lebih siap untuk hari berikutnya.

“(Orang tua kami) menanyakan secara detail, bagaimana hari kita, apakah school work atau homework sudah selesai? Apakah ada kesulitan? Apakah ada ulangan dalam waktu dekat? apakah sudah siap untuk pelajaran sekolah besok, dan sebagainya,” lanjutnya.

Impian Serta Harapan Mischka dan Devon

Mischka dan Devon peraih 33 medali olimpiade matematika

Ke depannya, Mischka dan Devon akan selalu mencoba dan menantang diri mereka dengan hal-hal baru. Tapi tentunya, kecintaan mereka terhadap matematika akan selalu ada, dan mereka juga akan terus berpartisipasi dalam olimpiade-olimpiade matematika dan sains tingkat internasional.

Mereka juga ingin sekali berbagi ilmu dan pengalaman ke anak-anak muda Indonesia. Sebab mereka sadar akan kesenjangan pendidikan di Indonesia, sehingga salah satu impian mereka adalah berkontribusi untuk mendukung pendidikan Indonesia.

“Ini benar-benar life goal kita untuk bisa berbagi pengetahuan, pengalaman, belajar bersama, membantu menyelesaikan soal soal matematika, atau tantangan sulit yang mungkin sedang dihadapi anak-anak muda di Indonesia. Tentunya kita tidak dapat melakukan ini berdua, kita perlu kerjasama dengan banyak pihak. Mohon doanya, semoga kesempatan ini bisa tercapai ya,” jelas mereka.

Mereka juga berharap bisa belajar di universitas impian, yakni di salah satu universitas Ivy League, seperti Universitas Columbia, Harvard, Brown, Cornell, Dartmouth, Pennsylvania, Princeton, hingga Yale. Untuk jurusannya, Devon ingin sekali belajar soal teknologi.

Sang kakak, Mischka, ingin belajar graphic design karena sangat menyukai seni dan desain. Walaupun dia mengaku sangat senang dan menikmati belajar matematika. Lalu setelah selesai menyelesaikan pendidikan, mereka ingin menjadi pebisnis seperti kedua orang tuanya.

“Kita punya banyak sekali ide-ide dan tidak sabar untuk make everything happen into reality,” pungkasnya.

Wah, semoga apa yang dicita-citakan Mischka dan Davon bisa tercapai ya, dan semoga kisah mereka bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman semua.


Like it? Share with your friends!

96
107 shares, 96 points

What's Your Reaction?

hate hate
1180
hate
confused confused
708
confused
fail fail
354
fail
fun fun
236
fun
geeky geeky
118
geeky
love love
945
love
lol lol
1062
lol
omg omg
709
omg
win win
355
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format