Ide Usaha Kerja Sampingan Untuk Pelajar dan Mahasiswa

3 min


63
79 shares, 63 points

Pelajar Info – Peluang kerja sampingan untuk pelajar ataupun mahasiswa yang paling tepat ialah yang tidak mengganggu jadwal belajar dan waktu kuliah. Lalu jenis apa pekerjaannya?

Kali ini Pelajar info akan memberikan beberapa gambaran tentang peluang usaha atau kerja sampingan yang cukup mudah serta cocok untuk pelajar dan mahasiswa.

Usaha sampingan untuk pelajar dan mahasiswa

Konsep bisnis sampingan terbagi menjadi dua model, yaitu model bisnis online dan bisnis offline. 

Bisnis online

Pada poin pertama ini sepertinya sudah tidak asing lagi bahwa sekarang adalah jaman digital yang serba cepat dengan adanya akses internet. Dan kami rasa sangat banyak pelajar dan mahasiswa yang sudah paham apa itu fungsi dari internet.

Ada 4 model bisnis online yang cocok untuk dicoba jika kamu memiliki cukup waktu luang disela-sela aktifitas belajar di sekolah atau di kampus.

1) Youtuber

Jika kamu cukup percaya diri atau mempunyai video original buatan kamu, jangan di sia-siakan dan disimpan saja. Lebih baik coba dibagikan melalui situs YouTube.

Siapa tau bisa viral dan meraih tayangan yang luar biasa dari penonton. Ini nantinya yang akan dapat dikonversi menjadi sumber penghasilan uang dari internet dengan cara paling mudah.

2) Blogger

Jika kamu tidak cukup percaya diri untuk membuat video kamu bisa mulai berkarya dengan blogger. Ada dua pilihan membangun blog yaitu berbayar atau gratisan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing sesuai dengan kapasitas yang kamu miliki saat ini.

Sumber penghasilan seorang YouTuber maupun Blogger juga tidak jauh berbeda, yaitu dari produk iklan yang tayang pada mesia mereka. Selangkapnya bisa disimak dengan mengikuti tautan link di atas.

3) Penulis Artikel

Poin ini tidak jauh dari yang kedua yaitu menjadi seorang penulis artikel dimana ia dibutuhkan oleh seorang blogger.

Jika kamu sudah mahir menulis konten artikel untuk dijual, maka akan lebih baik kalau konten kamu juga ada yang diterbitkan melalui situs blog kamu sendiri.

Penulis artikel disini mengacu pada aktifitas sebagai seorang penulis bayaran yang disewa atau dipesan oleh pengelola sebuah web atau blog.

Penghasilan yang diperoleh adalah sejumlah nilai jual atau harga dari setiap artikel yang diciptakan.

Artikel menarik Lainnya:  5 Tips Ampuh Agar Lulus SBMPTN Tanpa Perlu Bimbel

Saat ini harga artikel berbahasa Indonesia dengan panjang antara 300 hingga 500 kata umumnya dijual dengan harga antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000

Lalu untuk artikel berbahasa Inggris tentu memiliki nilai jual yang lebih mahal bahkan bisa sampai Rp 30.000 per artikel dengan kualitas baik.

Sebuah pekerjaan ringan bagi yang memiliki bakat menulis. Kalkulasikan saja jika kamu mampu membuat 10 artikel setiap harinya. Penghasilan yang fantastis bukan?

4) Programmer

Handal dalam membuat program-program sedehana juga bisa menjadi bentuk usaha sampingan yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa.

Sebagai contoh adalah menciptakan program komputer untuk mendukung sistem akutansi atau keuangan yang dasarnya hanyalah seperti program excel.

Aktifitas ini juga tidak memerlukan mobilitas dilapangan sehingga waktu belajar ataupun jadwal kuliah yang padat tidak akan banyak terganggu.

Peluang kerja sampingan diluar jam belajar

Yang kedua ini adalah beberapa konsep bentuk usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh seorang pelajar dan mahasiswa secara offline.

Selain hanya berupa usaha kecil, tentunya kegiatan ini harus bisa dikerjakan secara santai dan tidak mengganggu jadwal belajar.

Meskipun demikian, peluang untuk memperoleh penghasilan dari usaha sampingan ini jangan pernah di anggap remeh.

Berikut ini adalah beberapa konsep peluang usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa secara offline.

1) Bimbingan belajar atau kursus private

Memberikan kursus pribadi atau bimbingan belajar kepada anak anak SD contohnya. Ini adalah sebuah ide usaha sampingan yang layak untuk kamu pertimbangkan.

Dengan mengatur jadwal yang tepat tanpa mengganggu aktifitas belajar atau kuliah, tentu waktu luang kamu akan berubah menjadi sebuah keuntungan.

Untuk memulai mengenalkan jasa ini, ada baiknya kamu coba dengan memberikan bimbingan belajar kepada anak tetangga yang terdekat. Jika memang kamu memiliki value, maka sudah pasti informasi akan cepet tersebar meskipun hanya dari mulut ke mulut orang tua anak tersebut.

2) Jasa printing (Broker Percetakan)

Membuka jasa percetakan yang dimaksud disini bukanlah sebuah perusahaan besar. Namun hanya sebatas bisnis sampingan sederhana dengan memanfaatkan sarana yang terbatas pula.

Artikel menarik Lainnya:  Cara Menggunakan Zoom Meeting Untuk Belajar/Mengajar Secara Online

Misalkan saja kamu memiliki printer komputer. Dari pada sering di diamkan apa salahnya jika kamu membuka jasa printing meskipun dalam skala kecil untuk area lingkungan sekitar saja.

Jika memang spesifikasi alat yang kamu miliki masih terbatas, maka carilah chanel yang dapat mengerjakan barang pesanan tersebut dan kamu hanya bertindak sebagai penerima dan penyalur order (broker).

3) Bisnis jualan Produk Digital

Sekarang ini siapapun akan membutuhkan pulsa seluler atau token listrik/game yang serba digital karena sudah menjadi kebutuhan pokok yang sulit untuk ditinggalkan.

Bisnis sampingan menjual produk digital juga tidak memerlukan sarana yang besar ataupun mahal. Cukup memanfaatkan smartphone dan mendaftarkannya pada distributor penyedia atau kamu bisa memanfaatkan marketplace yang biasanya mempunyai harga dibawah pasaran dan kamu sudah bisa memulai aktifitas menjual produk digital orang lain.

Belajar lebih banyak dari google karena banyak  ilmu dan informasi produk digital yang bisa kamu jual, kamu juga bisa menjual lewat sosial mediamu agar impresi yang kamu dapatkan lebih banyak.

4) EO (Event Organizer)

Memiliki relasi yang luas di kampus ataupun di sekolah mungkin juga bisa kamu manfaatkan untuk membangun sebuah bisnis.

EO adalah sebuah bentuk organisasi yang mengatur segala bentuk kegiatan atau acara acara tertentu mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya.

Untuk sekala kecil kamu bisa membuat tim yang membuka jasa desain acara pesta ulang tahun anak anak dari lingkungan sekitar saja.

Untuk tahap belajar setidaknya sebuah event kecil akan memberikan pengalaman dasar tentang bagaimana cara membuat sebuah acara berjalan sukses tanpa ada kendala.

Selanjutnya jika kamu sudah cukup mumpuni maka perlu dicoba untuk beranjak pada event yang agak besar seperti acara pernikahan atau bahkan event hiburan yang di danai oleh produk sponsor.

Sudahkah ada gambaran yang mana salah satu di antara beberapa contoh bentuk peluang usaha kerja sampingan di atas yang paling sesuai dengan keahlian kamu.

Kenapa harus menunggu lebih lama, segeralah beraksi karena kesuksesan hanya akan dapat diraih seiring bertambahnya pengalaman sembari melakukan pembelajaran tanpa harus menunggu sempurna.


Like it? Share with your friends!

63
79 shares, 63 points

What's Your Reaction?

hate hate
472
hate
confused confused
1180
confused
fail fail
826
fail
fun fun
708
fun
geeky geeky
590
geeky
love love
236
love
lol lol
354
lol
omg omg
1180
omg
win win
826
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format