Takut pakai Zoom? 8 Aplikasi Video Conference ini bisa menjadi Alternatif

3 min


83
105 shares, 83 points

Pelajar Info – Halo Pelajar, aplikasi video conference Zoom menjadi populer setelah banyak negara di dunia memberlakukan pembatasan karena wabah covid-19. Termasuk di Indonesia, banyak sekolah yang menggunakan aplikasi Zoom sebagai platform untuk kelas onlinenya begitu pun dengan banyak perusahaan yang menggunakan apliasi Zoom untuk meeting jarak jauhnya. 

Namun, belakang Zoom dilanda isu keamanan. Dikutip dari dailymail.co.uk “More than 500,000 Zoom user credentials have been stolen and sold on the dark web for less than a PENNY each” yang berarti “lebih dari 500.000 kredensial pengguna Zoom telah dicuri dan dijual di web yang gelap dengan harga masing-masing kurang dari satu sen“.

Lalu aplikasi apakah yang bisa digunakan untuk meeting online atau video conference? selama masa wfh (work from home) berlangsung?

Berikut 8 aplikasi video conference yang bisa menjadi alternatif Zoom.

1. Skype

Skype merupakan salah satu pelopor video conference, aplikasi milik Microsoft ini bisa menampung 50 orang bahkan lebih dalam satu panggilan tergantung platform apa yang kamu gunakan. Fitur yang ditawarkan pun tidak kalah dari Zoom, Kamu bisa membagikan materi presentasi yang dibahas dengan rekanmu, membuat blur backgroundmu, dan merekam panggilan hingga 30 hari kedepan.

Foto: microsoft.com

2. Whatsapp

Siapa yang tidak kenal dengan Whatsapp?, aplikasi yang mempunyai jumlah pengguna terbanyak didunia ini selain chat juga bisa digunakan video call dengan kapasitas maksimal 4 orang. Kamu bisa menjadikan Whatsapp untuk meeting/kelas kecilmu bersama rekan maupun klienmu.

Artikel menarik Lainnya:  Panduan lengkap Presentasi menggunakan Zoom

Foto: Google

3. Facebook Messenger Desktop

Facebook telah mengeluarkan aplikasi messenger untuk desktop Windows dan Mac. Aplikasi ini bisa mengundang maksimal 8 orang dalam sekali video conference. Selain video call, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berkirim pesan, foto, maupun video. Anda yang memiliki akun facebook tidak perlu bersusah payah membuat akun baru jika menggunakan aplikasi ini.

Foto: fb.com

4. Google Hangouts Meet

Google juga memiliki video conference yang cukup bisa diandalkan. Tidak kalah dengan zoom, google hangouts meet ini bisa menampung 250 peserta dalam sekali pertemuan. Namun anda harung memiliki akun G Suite untuk memanfaatkan fitur-fitur lengkapnya. Untuk versi gratis kamu bisa menggunakannya sebagai penerima panggilan saja atau peserta meeting maupun kelas online yang menggunakan aplikasi Google Hangouts Meet ini.

Foto: googleblog.com

5. Facetime

Untuk kamu pengguna produk Apple, facetime bisa menjadi salah satu alternatif pengganti Zoom karena diklaim bisa menampung hingga 32 orang dalam satu panggilan video. Aplikasi ini bisa digunakan semua produk apple seperti iPhone, iPad, iMac, Macbook, dan Pod Touch.

Foto: apple.com

6. Cisco Webex

Webex juga merupakan salah satu pelopor video conference, bahkan lebih tua dibanding skype. Webex ada sejak tahun 90-an, dan diakuisisi oleh cisco pada tahun 2007. Aplikasi ini mungkin terdengar asing ditelinga anda, namun aplikasi ini telah digunakan persusahaan besar yang masuk daftar fortune 500. 

Artikel menarik Lainnya:  3 Manfaat Pendidikan Online dan Kekurangannya

Versi gratis Cisco Webex ini bisa menampung 100 orang dan bisa ditambah dengan versi premiumnya. Tidak ada batasan waktu seperti Zoom versi gratis yang hanya 40 menit. Jadi anda tidak perlu berpindah-pindah room atau reconnecting saat kelas online atau meeting anda berlangsung,

Foto: cisco.com

7. Jitsi Meet

Jitsi Meet merupakan aplikasi open-source yang memungkinkan anda untuk melakukan video conference dengan mudah. Jitsi Meet mempunyai banyak fitur yang dapat anda nikmati yaitu chatting, mengusir peserta yang “nakal”, merekam video. Aplikasi ini juga bisa menampung peserta hingga 75 orang, mengaburkan background, dan terintegrasi dengan Slack, Google Calendar, dan Office 365.

Foto: jitsi.org

8. Slack

Slack Adalah aplikasi percakapan berbasis grup yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Biasanya aplikasi ini digunakan oleh sebuah grup perusahaan atau sebuah tim. Aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagi dokumen dan panggilan video hingga 15 orang dalam sekali panggilan.

Foto: slack.com

Tertarik untuk mencoba salah satunya? Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi diatas agar tetap produktif pada masa work from home seperti sekarang ini. Selamat mencoba!


Like it? Share with your friends!

83
105 shares, 83 points

What's Your Reaction?

hate hate
1062
hate
confused confused
590
confused
fail fail
236
fail
fun fun
118
fun
geeky geeky
1180
geeky
love love
826
love
lol lol
944
lol
omg omg
590
omg
win win
237
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format