8 Keuntungan Melanjutkan Studi ke Luar Negeri

Melanjutkan studi ke negara lain sudah pasti akan meninggalkan kesan tersendiri, baik suka maupun haru. Apalagi ini merupakan kali pertama kamu hidup merantau alias 1 min


57
65 shares, 57 points

Melanjutkan studi ke negara lain sudah pasti akan meninggalkan kesan tersendiri, baik suka maupun haru. Apalagi ini merupakan kali pertama kamu hidup merantau alias jauh dari rumah. Meskipun begitu, selalu ada manfaat yang dapat diambil saat belajar negara lain. Terlebih jika kuliah negara orang ini berhasil didapatkan melalui jalur beasiswa, sudah pasti jadi kebanggaan tersendiri.

Apa Saja Keuntungan Belajar di Negara Lain?

Kalau dipahami lebih dalam, kuliah di negara lain sebenarnya memiliki beberapa keuntungan. Selain mendapatkan pengalaman mengenai cara hidup dan budaya yang berbeda. Kamu juga akan mendapatkan manfaat lain, apa saja keuntungan tersebut? Silakan simak di bawah ini penjelasan selengkapnya.

  1. 1 Mandiri

    Study abroad sudah pasti akan mengajarkan kamu menjadi pribadi yang lebih mandiri. Berbeda dengan kuliah di kampus dekat rumah, di negara lain kamu tidak bisa bergantung dan terus meminta bantuan kepada orang sekitar. Apalagi kalau kebetulan mendapatkan beasiswa diluar negeri, khususnya negara maju dimana masyarakatnya sangat individual.

  2. 2 Mendapatkan Pengalaman Berharga

    Berada di negara lain dengan tata kehidupan, dan budaya berbeda sudah pasti menjadi sebuah tantangan tersendiri. Kamu akan menemukan banyak hal baru yang bukan hanya membuat lidah berdecak kagum, namun juga membuat kesal. Dengan melanjutkan pendidikan lintas negara, maka akan banyak pengalaman menarik yang kamu dapatkan.

  3. 3 Pendidikan Lebih Berkualitas

    Kalau kamu berhasil lolos masuk ke negara yang bagus untuk kuliah. Contohnya saja negara dunia pertama seperti Amerika Serikat, pasti kamu akan mendapatkan pendidikan lebih berkualitas. Karena di negara maju, kemampuan tenaga pendidiknya sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, kurikulum yang diajarkan juga merupakan yang paling update.

  4. 4 Membangun Relasi Internasional

    Berkuliah di negara lain sudah pasti akan mempertemukan kamu dengan orang-orang baru dari latar belakang berbeda. Situasi ini harus kamu manfaatkan untuk membangun relasi berskala internasional. Apalagi setelah memasuki dunia perkuliahan, pastinya kamu akan berkenalan dengan pelajar berprestasi dari berbagai belahan dunia lainnya.

  5. 5 Fasih Bahasa Asing

    Jika kuliah di luar negeri, kamu pasti dituntut untuk bisa menguasai bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Study abroad juga menjadi cara ampuh untuk kamu yang merasa kalau pelajaran bahasa asingnya tidak mengalami perkembangan. Dengan tinggal di negara yang tidak bisa berbahasa Indonesia, maka kamu dituntut untuk belajar lebih keras lagi.

  6. 6 Fasilitas Pendidikan Lebih Memadai

    Kuliah luar negeri juga sangat identik dengan fasilitas pendidikan yang lebih memadai. Di negara-negara maju kamu akan mudah menemukan penunjang fasilitas belajar di berbagai sudut kota, contoh kecilnya adalah perpustakaan umum. Sementara di kampus, ada laboratorium dengan peralatan super lengkap yang bisa digunakan oleh mahasiswanya.

  7. 7 Prospek Kerja

    Berbeda dengan kuliah dalam negeri, saat melanjutkan belajar di negara lain kamu akan mendapatkan ijazah yang berkesan “wah”. Tentunya hal ini akan membuat curriculum vitae tampak lebih mencolok saat mengajukan surat lamaran pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri, bahwa ini pasti akan membuat kepercayaan diri kamu menjadi semakin meningkat.

  8. 8 Lebih Termotivasi dalam Belajar

    Tidak sedikit mahasiswa yang masih malas-malasan dalam belajar, dan menyia-nyiakan waktu yang dimiliki. Namun hal tersebut tidak bisa kamu lakukan saat studi di negara lain. Ketatnya tingkat persaingan dengan mahasiswa dari berbagai negara sudah pasti akan memotivasi kamu sehingga lebih semangat dalam belajar.

    Kamu yang sedang berjuang lolos SNMPTN, namun juga bimbang karena tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Sebaiknya dipikir secara matang terlebih dahulu. Jika masih ragu untuk mengambil keputusan, maka bisa konsultasikan dengan orang yang lebih berpengalaman. Apalagi, ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu ambil saat belajar di negara orang.


Like it? Share with your friends!

57
65 shares, 57 points

What's Your Reaction?

hate hate
708
hate
confused confused
236
confused
fail fail
1062
fail
fun fun
944
fun
geeky geeky
826
geeky
love love
472
love
lol lol
590
lol
omg omg
237
omg
win win
1062
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format