3 Manfaat Pendidikan Online dan Kekurangannya

Di musim wabah seperti sekarang ini, Pendidikan Online merupakan alternatif bagi para Guru / Dosen untuk melakukan kegiatan belajar / mengajar dengan murid.2 min


55
65 shares, 55 points

Pelajarinfo.id – Satu di antara temuan di zaman sekarang yang sangat mempengaruhi masyarakat dunia yang mana siapa pun pasti mengakuinya adalah adanya kehadiran internet. Keberadaan internet merupakan teknologi baru yang berdampak pada manusia seperti asyik sendiri alias tak mau terlepas karena komunikasi dan informasi tersedia saling melengkapi.

Namun, tentunya internet bukan teknologi bebas nilai karena akan bermanfaat bila digunakan sesuai dengan nilai-nilai yang berada pada negara tersebut serta aturan yang telah pemerintah buat agar tak kebablasan. Tujuannya melindungi masyarakatnya dari efek negatif dari internet yang tak mudah untuk dihindari karena internet itu the man behind the gun, terletak pada siapa orang yang menggunakan. Apakah mau digunakan untuk hal positif atau negatif?

Internet telah menjadikan warga dunia begitu gandrung atau bisa dikatakan candu,baik generasi tua maupun generasi milenial. Dan dalam bidang pendidikan pastinya memanfaatkan adanya teknologi baru ini dalam menambah informasi dengan tujuan memajukan pendidikan itu sendiri.

Orang-orang berkecimpung dalam dunia pendidikan sangat antusias dalam menerima kemudahan dari teknologi internet baik pengajar maupun peserta pembelajaran pastinya mengakui dengan kekuatan apa yang disajikan internet sebagai media dalam menunjang hadirnya industri pendidikan online.

Seperti yang telah kita ketahui pendidikan sekarang tak lagi ada pembatasan oleh lokasi, waktu, kekayaan atau status. Terbukti sekarang banyak munculnya beberapa situs-situs belajar online yang terus berinovasi melalui konsep pengajaran yang praktis dan memudahkan untuk diakses di setiap waktu. Konsep pengajaran bisa menjadi pilihan tepat karena selalu ada pembaharuan, terus-menerus disempurnakan serta ditingkatkan.

Artikel menarik Lainnya:  Daftar Negara Dengan Pendidikan Terbaik Di Dunia

Agar lebih mengenal layaknya pendidikan online di era informatika saat ini, mari kita perhatikan beberapa manfaat utama dari pendidikan online antara lain:

Ketersediaan, siapa saja dan di mana saja

Satu di antara manfaat pendidikan online adalah ketersediaan yang dianggap utama karena bila pendidikan tradisional terbatas pada wilayah tertentu saja. Tidak semua orang dapat ke tempat tersebut bahkan waktu pun terbatas.

Bila sebelum era digital saat ini, dalam memperoleh ilmu hanya terbatas pada tempat seperti sekolah dan universitas tertentu pada wilayah yang harus kita tempuh, bila peserta tak hadir otomatis tak dapat memperoleh pembelajaran. Namun, untuk pendidikan online bisa siapa saja dan di mana saja serta telah tersedia medianya tak penting Anda dari mana.

Belajar dapat dimana saja karena hanya via ponsel. Perbedaan waktu tak menjadi halangan. Materi pembelajara telah tersedia para peserta tinggal mengaksesnya kapan saja bisa bila ingin mengakses materi.

Artikel menarik Lainnya:  Mengenal Sosok Bos Wardah Yang Sumbang 40M Untuk Tangani Corona

Ekonomis

Pendidikan melalui pembelajaran online bisa memamgkas biaya karena cukup ekonomis dan terjangkau berbagai kalangan. Karena pendidikan tradisional faktanya banyak orang harus siap mengencangkan pinggang seperti pinjam sana-sini untuk mnutupi kekurangan biaya pendidikannya.

Praktis

Dalam pendidikan tradisional (offline) biasanya para peserta hanya dapat menikmati ilmu yang umum dari tempat kursus. Namun, dalam pembelajaran online dapat mengelola materi yang akan dipelajari.

Pertimbangan dari peserta online hanya harus kritis melihat pemberi materi yang tak hanya cakap dalam teori tapi nir dalam praktik di dunia nyata.

Adakah kekurangan pendidikan online?

Pendidikan online bukan tak memiliki kekurangan? Pasti ada. Pendidikan membutuhkan interaksi dari pemberi materi dan peserta secara langsung. Jadi, para peserta kurang interaksi seperti mengajukan pernyataan langsung pada pemberi materi.

Alhasil, pendidikan online ada manfaatnya pada aspek ketersediaan, kecepatan dan kepraktisan dibandingkan pendidikan tradisional. Dan ini bisa jadi solusi alternatif dalam memajukan pendidikan di seluruh dunia khususnya negara kita tercinta Indonesia yang semakin tinggi pengguna internetnya, kenapa tidak?


Like it? Share with your friends!

55
65 shares, 55 points

What's Your Reaction?

hate hate
472
hate
confused confused
1180
confused
fail fail
826
fail
fun fun
708
fun
geeky geeky
590
geeky
love love
236
love
lol lol
354
lol
omg omg
1181
omg
win win
826
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. semua ada kekurangan dan kelebihan, hanya bagaimana kala ada siswa yang gak punya perangkat komputer, kasihan ya

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format