Prospek kerja Jurusan Arsitektur beserta Gajinya

4 min


58
68 shares, 58 points

Pelajarinfo.id – Halo pelajar! adakah dari kalian yang sedang atau akan mengambil jurusan Teknik Arsitektur? Udah tau belum prospek kerja apa saja yang cocok untuk kamu lulusan Arsitektur? dan berapa sih gajinya? Ada berbagai peluang kerja bagi kamu yang lulusan Arsitektur dengan gaji yang bervariasi. Berikut merupakan beberapa prospek kerja lulusan Arsitektur beserta gajinya:

1. Arsitek

Prospek/peluang kerja Arsitektur yang pertama adalah Arsitek. Arsitek adalah seorang perencana bangunan maupun landscape yang memiliki kreatifitas dan wawasan tinggi. Arsitek bisa dikatakan sebagai dokternya rumah. Alumni jurusan Arsitek pasti mendambakan menjadi seorang arsitek tulen. Karena gaji dari seorang arsitek bisa mencapai puluhan juta, apalagi jika mendapatkan proyek berdana milyaran.

Sesuai yang dikatakan oleh Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Ahmad Djuhara bahwa gaji Arsitek tidak boleh kurang dari UMR.

Fee seorang Arsitek dalam suatu proyek adalah 2%-8%, dari RAB. Misalnya ada proyek rumah mewah seharga Rp.5 Milyar, maka arsitek akan mendapatkan fee sebanyak 8% atau sekitar Rp. 400 Juta. namun pembayaran dilakukan bertahap sesuai kontrak, hingga pembangunan rumah benar-benar selesai.

2. Drafter

Drafter adalah salah satu Prospek/peluang kerja Arsitektur. Profesi ini merupakan pembuat gambar bangunan atau bisa disebut tukang gambar. Pekerjaannya fokus menyajikan gambar bangunan lengkap untuk diberikan pada tukang.

Profesi ini paling benyak digeluti oleh lulusan Arsitektur. karena rata-rata, anak arsitek itu jago membuat gambar bangunan.

Gaji seorang drafter itu minimal UMR atau diatas Rp. 2 Juta. namun ketika bekerja di Perusahaan Konsultan Perencana, gajinya bisa mencapai lebih dari Rp. 10 Juta. mengapa? karena jika konsultan tersebut mendapat banyak proyek, maka drafternya pun mendapat persen dari setiap proyek.

3. Pengawas Proyek

Prospek/peluang kerja Arsitektur selanjutnya adalah Pengawas proyek. Pengawas proyek adalah seorang yang bertugas untuk mengawasi pekerjaan pada proyek konstruksi. Membuat laporan harian hingga bulanan sudah menjadi tanggung jawab seorang pengawas. Selain itu, mempresentasikan laporan pengawasannya kepada project manager.

Artikel menarik Lainnya:  Kemendikbud Tegaskan Tahun Ajaran Baru Tidak Mundur, Begini bedanya PPDB Tahun Ini!

Lulusan Arsitektur masuk dalam kriteria untuk menjadi pengawas lapangan. Mulai dari pekerjaan jalan, konstruksi dll.

Rata-rata gaji seorang Pengawas Proyek berada diatas Rp.3 Juta Rupiah. Apalagi jika pengawas memiliki beberapa sertifikat maupun pengalaman kerja, maka gaji bisa lebih tinggi lagi. Kalau teman saya, waktu kerja di Perusahaan BUMN, gajinya bisa mencapai Rp 7 Juta Rupiah.

4. Tenaga BIM

BIM (Building Information Modelling) adalah teknologi yang berupa sistem aplikasi digital, yang dapat menggabungkan desain bangunan dan data maupun informasi teknis lainnya.

Tenaga BIM dalam proyek disebut BIM Modeller atau BIM Operator. Tenaga ini berfungsi untuk membuat laporan tentang pelaksanaan proyek. outputnya berupa data yang mencakup keseluruhan bangunan.

Gaji seorang Operator BIM minimal Rp. 4 Juta. BIM ini termasuk teknologi baru dalam dunia proyek, jadi belum banyak perusahaan yang memakainya.

5. Project Manager / Kepala Proyek

Project Manager adalah seorang yang ditunjuk untuk memimpin suatu proyek hingga mencapai tahap akhir 100%. Semua tanggung jawab pada proyek, bertumpu pada project manager. Berat yah kelihatannya.

Walaupun tanggung jawab project manager itu berat, namun seimbang dengan gajinya lho.

Gaji seorang Project Manager berkisar belasan hingga Juta rupiah.

6. Direktur Konsultan Perencana

Konsultan Perencana adalah perusahaan yang bergerak dibidang perencanaan bangunan. Dimana direktur perusahaan ini harus memiliki banyak jaringan untuk mendapatkan proyek perencanaan. Apalagi di negara kita Indonesia. Jaringan atau kenalan itu yang paling utama.

Siapapun bisa membuat perusahaan konsultan perencana, walaupun kalian masih fresh graduate. Namun tetap harus ada modal. Karena ada uang yang harus dibayar saat membuat perusahaan.

Gaji seorang direktur konsultan perencana tergantung pada proyek yang didapatkan. Semakin banyak proyek yang dikerjakan, maka semakin banyak pula uang yang masuk. Jadi disini kita sebagai bosnya. dimana, kita memiliki tenaga ahli didalam perusahaan. Jadi kita yang menggaji mereka.

7. Site Manager

Site manager adalah jabatan tertinggi kedua dibawah project manager dalam pelaksanaan proyek. Gajinya berkisar Rp 15 Juta Rupiah.

Fungsi site manager ini membantu project manager dalam manajemen proyek. Bisa dikatakan wakil dari kepala proyek.

8. Kontraktor

Kontraktor adalah pelaksana proyek yang sudah melalui tahap persetujuan kontrak resmi. Istilah lainnya adalah seorang pemborong. Ketika ada sebuah bangunan ingin dikerjakan, maka kontraktor dipilih untuk menyelesaikannya. Apakah itu secara keseluruhan, atau sebagian kecil dari bangunan tersebut.

Artikel menarik Lainnya:  Download Logo Universitas Bengkulu Vector

Kontraktor masih mirip dengan konsultan, namun bergerak dibidang pelaksanaan proyek. Nah, jika proyek sudah mau berjalan, maka kontraktor ini akan menunjuk seorang project manager. untuk memimpin proyeknya tersebut.

Gaji seorang kontraktor tidak tetap. Semakin besar nilai anggaran proyek yang didapatkan, maka semakin banyak pula uang yang bisa didapatkan.

Untuk menjadi kontraktor, harus punya banyak jaringan. Terutama jaringan untuk membeli bahan dan material bangunan. Supaya RAB (Rencana anggaran biaya) bisa diminimalisir.

9. Desainer Grafis

Desainer grafis adalah seorang perancang dalam bidang grafis, yang dapat menciptakan illustrasi, typografi maupun motion grafis. Kalau dijaman sekarang, desainer grafis itu harus mampu mengoperasikan komputer. Karena pekerjaan bisa lebih mudah. Aplikasi yang sering dipakai adalah Adobe photoshop, illustrator, coreldraw dll.

Sarjana S1 Arsitektur sudah pasti mengetahui beberapa aplikasi grafis. Apalagi Adobe photoshop, sketchup, lumion dan autocad. Semua aplikasi ini bisa menjadi landasan untuk menjadi desainer grafis.

Jadi, lulusan arsitektur itu masih dekat sekali dengan profesi desainer grafis.

Untuk Gaji seorang desainer grafis itu minimal Rp. 3 Juta. kalau kerja di Advertising itu minimal UMR daerah kalian.

10. Youtuber

Siapa sih yang tidak tahu Istilah Youtuber. siapapun bisa menjadi youtuber, termasuk lulusan jurusan arsitektur.

Kalian bisa berbagi semua ilmu arsitek kalian dalam video. sudah pasti akan banyak yang lihat. Apalagi, kalau sarjana arsitek itu kreatif.

Masalah gaji youtuber itu tergantung. kalau serius, pasti bisa mendapatkan puluhan hingga milayaran rupiah.

11. Blogger

Blogger tidak beda jauh dengan youtuber. kalau blogger lebih menjurus ke artikel atau menulis.

Gaji seorang blogger itu tergantung juga. semakin banyak pengunjung, maka semakin banyak pula yang didapatkan. yang penting konten itu orisinil, supaya google adsense tetap suka.


Itulah beberapa prospek kerja seorang lulusan Arsitektur. Terdapat banyak kampus yang menyediakan Program Studi Arsitektur. Terus asah skill kalian agar jenjang karirmu berkembang pesat.


Like it? Share with your friends!

58
68 shares, 58 points

What's Your Reaction?

hate hate
826
hate
confused confused
354
confused
fail fail
1180
fail
fun fun
1062
fun
geeky geeky
944
geeky
love love
590
love
lol lol
708
lol
omg omg
354
omg
win win
1180
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format