Prospek kerja Desain Produk beserta Gajinya

4 min


53
63 shares, 53 points

Pelajarinfo.id – Halo pelajar! adakah dari kalian yang sedang atau akan mengambil jurusan Desain Produk? Udah tau belum prospek/peluang kerja apa saja yang cocok untuk kamu lulusan Desain Produk? dan berapa sih gajinya? Ada berbagai peluang kerja bagi kamu yang lulusan Desain Produk dengan gaji yang bervariasi. Berikut merupakan beberapa prospek kerja lulusan Desain Produk beserta gajinya:

1. Bekerja Pada Sebuah Perusahaan

Prospek/peluang kerja desain produk yang pertama, Kamu bisa bekerja di sebuah perusahaan. Perusahaan manufaktur atau pabrik tentu saja akan membutuhkan banyak jasa Kamu. Kamu juga bisa berkarir di perusahaan yang bergerak di bidang food and beverage.

Sementara untuk gajinya, bisa menyesuaikan dengan perusahaan. Karena, setiap perusahaan memiliki nilai gaji yang berbeda-beda. Namun, paling tidak Kamu bisa mendapatkan sekitar Rp5.000.000 per bulannya atau bahkan bisa lebih.

2. Bekerja Secara Mandiri/Freelance

Selanjutnya rospek/peluang kerja desain produk juga bisa bekerja secara mandiri, baik itu sebagai wirausaha atau sebagai freelancer. Kamu bisa membuka sebuah website atau kantor sendiri. Lalu menawarkan jasa yang Kamu miliki kepada beberapa pihak.

Nah, upahnya nanti bisa ditentukan sendiri. Kamu bisa mematok tarif untuk setiap project yang Kamu kerjakan. Jika masih merintis, Kamu bisa mulai dengan harga yang terjangkau. Kalau Kamu sudah dipercaya untuk mengerjakan banyak project, tarifnya bisa Kamu sesuaikan sendiri.

3. Bekerja Pada Majalah Bidang Desain

Peluang atau prospek kerja desain produk selanjutnya adalah bekerja pada majalah di bidang desain. Kamu yang pintar dalam berkata-kata dan juga mumpuni dalam bidang desain produk bisa berkarir sebagai seorang jurnalis majalah khusus desain. Gaji yang bisa didapatkan bagi seorang jurnalis pemula sekitar Rp4.000.000 per bulan.

Artikel menarik Lainnya:  Kemdikbud : Pembukaan Sekolah dan Metode Belajar Sesuai Pertimbangan Gugus Tugas

4. Visual Merchandiser

Yang keempat, Kamu bisa bekerja sebagai visual merchandiser. Tugasnya adalah membuat rancangan layout dan menata produk toko menjadi bagus sehingga menarik pelanggan. Penataan produk di toko tidak hanya mampu menarik pelanggan, namun juga bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

Gaji rata-rata yang bisa Kamu peroleh dari profesi sebagai seorang visual merchandiser yaitu sekitar Rp4.000.000 sampai dengan Rp6.000.000 per bulan.

5. Young Designer

Yang kelima, Kamu juga bisa berkarir sebagai young designer. Menjadi seorang desainer muda adalah langkah awal untuk menaiki posisi selanjutnya. Kamu bisa belajar lebih banyak mengenai bidang ini dan mendapatkan banyak pengalaman. Di posisi ini Kamu mungkin bisa mendapatkan gaji UMK setempat atau bahkan melebihinya.

6. Konsultan Desain

Yang keenam, menjadi seorang konsultan adalah salah satu prospek kerja yang bisa Kamu pertimbangkan. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang Kamu miliki, Kamu akan menjadi rujukan untuk meminta saran dan pertimbangan terkait desain produk yang akan dibuat.

Semakin banyak pengalaman yang Kamu miliki, semakin banyak orang yang percaya untuk berkonsultasi kepada Kamu. Gaji yang diperoleh bervariasi, mulai dari Rp5.000.000 per bulan.

7. Dosen di PTN Atau PTS

Yang ketujuh, bagi Kamu yang ahli dalam bidang desain produk dan suka mengajar, tidak ada salahnya memilih profesi sebagai pengajar. Kamu bisa menjadi guru dan mengajar di sekolah. Bisa juga dengan menjadi dosen dan mengajar di PTN atau PTS. Namun untuk menjadi dosen, Kamu wajib menempuh pendidikan yang lebih tinggi dari sarjana.

Artikel menarik Lainnya:  Prospek kerja Jurusan Arsitektur beserta Gajinya

Gaji yang didapatkan akan mengikuti universitas tempatmu mengajar atau SK yang sudah dipunyai. Untuk standar dosen, paling tidak mendapatkan Kamu bisa mendapatkan gaji Rp5.000.000 per bulan.

8. Lembaga Penelitian

Peluang atau prospek kerja desain produk berikutnya adalah sebagai peneliti. Bekerja di sebuah lembaga penelitian juga merupakan salah satu pilihan yang sangat oke. Mungkin tidak banyak anak desain yang ingin bekerja di bidang ini. Hal ini bisa menjadi peluang yang sangat besar untuk Kamu.

Dari profesi ini, Kamu bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp3.000.000 sampai dengan Rp6.000.000 per bulan.

9. Lembaga Pemerintah

Prospek kerja berikutnya adalah bekerja di lembaga pemerintahan. Tentunya lembaga pemerintah memiliki berbagai layanan untuk masyarakat. Kamu bisa berperan di dalamnya. Untuk bisa masuk ke lembaga pemerintahan, Kamu bisa mengikuti rekrutmen CPNS atau rekrutmen sejenisnya yang diadakan oleh pemerintah. Dari profesi ini, paling tidak Kamu akan menerima upah sekitar Rp4.000.000 per bulan.

10. Bank

Yang terakhir, Kamu juga bisa bekerja di bank. Posisi Kamu bukan sebagai teller atau bagia customer service, melainkan di bagian yang masih berhubungan dengan desain. Sebuah bank tentunya juga akan memerlukan seorang desainer untuk merancang produknya sehingga memuaskan pelanggan. Gaji yang bisa Kamu dapatkan juga lumayan, berkisar antara Rp4.000.000 per bulan.


Itulah beberapa prospek kerja seorang lulusan Desain Produk. Terdapat banyak kampus yang menyediakan Program Studi Desain Produk. Terus asah skill kalian agar jenjang karirmu berkembang pesat.


Like it? Share with your friends!

53
63 shares, 53 points

What's Your Reaction?

hate hate
354
hate
confused confused
1062
confused
fail fail
708
fail
fun fun
590
fun
geeky geeky
472
geeky
love love
118
love
lol lol
236
lol
omg omg
1062
omg
win win
708
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format