Pendidikan itu Sangat Penting! Bukan Hanya Selembaran Ijazah Saja

2 min


75
86 shares, 75 points

Kita pasti sering kali mendengar ungkapan “Buat apa sekolah tinggi-tinggi? Sayang sekali waktu dan uangnya dihabiskan untuk sekolah. Kenapa tidak langsung kerja saja, bisa dapat uang lebih cepat daripada orang yang masih sekolah. Sekolah tinggi-tinggi juga percuma, karena tetap susah mencari pekerjaan.”

Ya, Memang ungkapan seperti ini masih sering terdengar di kalangan masyarakat,  bahkan mungkin juga kita sendiri adalah salah satu orang yang setuju dengan anggapan itu. Berbagai pertimbangan menyeruak dalam pikiran, hingga akhirnya membuat kita gelisah untuk memutuskan lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau tidak. Sebenarnya tanpa dipikir panjang pun jawabannya sederhana, “lanjutkan!” karena pendidikan itu sangat penting.

Pengertian dari pendidikan itu sendiri adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Berdasarkan definisi ini, jelas bahwa tujuan pendidikan itu sangat luas untuk kehidupan sehari-hari, tidak hanya sekadar sebagai tempat mencari ijazah dan pekerjaan. Nah, lantas apa saja fungsi atau tujuan pendidikan itu? Apa pentingnya menuntut ilmu setinggi langit seperti kata pepatah? Berikut 5 alasan yang bisa membuat pola pikir kamu tentang seberapa pentingnya pendidikan!

Memberikan pengetahuan serta wawasan baru.

Ini adalah hal paling penting yang tidak bisa di anggap sepele. Kita bisa memperoleh banyak pengetahuan dan menambah wawasan baru dengan adanya pendidikan, baik yang berhubungan dengan bidang ilmu yang sedang kita tuntut ataupun tidak. Sebagai contoh pada saat kita sekolah, kuliah atau sedang kursus suatu bidang ilmu akuntansi, maka tentu kita akan menguasai segalahal yang mencakup tentang akuntansi. Ditambah lagi dengan pengalaman dan pengetahuan tentang kehidupan yang kita alami sendiri, ataupun yang dibagikan oleh teman-teman.

Artikel menarik Lainnya:  Jangan lupa! ini Jadwal UTBK - SBMPTN 2021

Membentuk sudut pandang.

Wawasan yang kita miliki dapat memberi dan membentuk sudut pandang kita tentang kehidupan. Akan ada banyak pandangan baru yang mengubah pola pikir kita terhadap dunia. Misalnya, bagaimana pandangan kita terhadap kebhinekaan, tentang politik, dan SARA, budaya dan lainnya. Pikiran kita menjadi lebih luas dan terbuka untuk bisa memahaminya.

Membangun karakter.

Didikan dari lembaga pendidikan akan sangat menentukan karakter setiap anak didiknya. Mulai dari kedisiplinan, integritas, sopan santun hingga kejujuran. Pendidikan juga memupuk kita menjadi individu yang semakin dewasa, mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan yang tepat. Pernanan Lembaga pendidikan sebagai tempat bagi kita untuk bisa bersosialisasi dengan teman-teman lainnya, sehingga kita dapat belajar memahami karakter orang lain dan melatih diri kita sendiri untuk lebih humanis.

Mempersiapkan karir.

Meiliki karir yang bagus pasti menjadi salah satu tujuan orang berpendidikan tinggi. Memang benar bahwa bila kita mempunyai ijazah tingkat sekolah menengah sudah cukup untuk menjadi bekal dalam mencari pekerjaan. Namun ada hal yang perlu di ingat baik-baik, bahwa standar pendidikan semakin hari tentu akan semakin tinggi. Perusahaan dengan posisi dan gaji terbaik pun pasti lebih menuntut karyawan untuk berpendidikan lebih tinggi. Meski ada peluang bagi lulusan sekolah menengah, namun kemungkinan sangat kecil karena disertai dengan syarat-syarat kelengkapan lainnya.

Artikel menarik Lainnya:  Tips Menjadi Pengusaha Sambil Sekolah

Ikut berperan memajukan bangsa.

Ya, negara akan lebih mudah untuk maju jika masyarakatnya berpendidikan, berwawasan luas dan berpikiran terbuka. Masyarakat akan lebih terampil dalam bekerja dan berbisnis yang dapat berdampak pada kesejahteraan atau kenaikan perekonomian. Selain itu, masyarakat juga tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu negatif serta kaya akan soft skill.

Nah setelah kita melihat begitu pentingnya pendidikan dari informasi di atas, apakah masih ada di antara kita yang menganggap sepele pendidikan? Apabila saat ini masih diberi kesempatan dari segi kesehatan, sudah seharusnya kita menggunakan kelebihan tersebut untuk bisa meraih pendidikan setinggi langit. Ilmu tidak memiliki batasan terhadap satu bidang ilmu, waktu, atau dari usia bahkan status sosial. Manfaatnya sangat terasa bagi kita sampai akhir hayat terutama dalam memperbaiki pola hidup menjadi lebih baik.


Like it? Share with your friends!

75
86 shares, 75 points

What's Your Reaction?

hate hate
118
hate
confused confused
826
confused
fail fail
472
fail
fun fun
354
fun
geeky geeky
236
geeky
love love
1062
love
lol lol
1180
lol
omg omg
826
omg
win win
472
win
abamnoob

Explorer

Hanya Jarum di tumpukan Jerami yang mencoba menjadi paling tajam daripada sekitarnya -Muhammad Fadli Akbar

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format