Jenis Usaha Sampingan Untuk Anak Kuliah Yang Menjanjikan

3 min


66
77 shares, 66 points

Pelajar Info – Belajar jelas menjadi fokus utama bagi setiap mahasiswa. Namun menjadi mahasiswa terkadang memiliki waktu luang cukup banyak. Terkadang banyak dari mahasiswa yang membuang waktu luang tersebut secara percuma. Misalnya saja menggunakannya pada hal yang tidak begitu penting dan tidak memberikan dampak baik pada dirinya sendiri.

Melihat banyaknya waktu luang yang dimiliki beberapa mahasiswa. Maka tidak ada salahnya memanfaatkan waktu tersebut untuk kegiatan produktif. Terlebih lagi hal yang dilakukan bisa menambah uang saku pribadi. Anggap saja membantu keuangan sebelumnya yang mungkin hanya mengharapkan kiriman dari orang tua saja.

Bila saat ini anda termasuk mahasiswa yang memiliki waktu luang cukup banyak. Mungkin anda bisa mencoba beberapa usaha sampingan. Beberapa usaha sampingan ini bisa anda jalankan di sela waktu luang dan jelasnya tidak mengganggu kegiatan rutinitas harian anda di kampus.

Berikut ini beberapa jenis usaha sampingan yang cocok dijalankan mahasiswa. Beberapa jenis usaha ini juga memiliki progres yang cukup menjanjikan untuk sukses. Namun bila memang dijalankan dengan serius.

Jenis usaha sampingan untuk anak kuliah yang menjanjikan diantaranya yakni sebagai berikut:

1. Menjadi Agen Pulsa

Sudah menjadi rahasia umum bila saat ini banyak kalangan yang membutuhkan pulsa agar bisa berkomunikasi dengan perangkat smartphone mereka. Diantaranya juga termasuk paket data.

Peluang seperti ini sebenarnya bisa anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai usaha sampingan. Usaha menjadi agen pulsa ini tentunya tetap bisa anda jalankan sekalipun sibuk dengan kegiatan yang ada di kampus. Dikarenakan usaha ini tidak membutuhkan waktu lama ketika ingin melakukan transaksi.

Perlu diketahui, bila peluang meraih keuntungan dari agen pulsa juga cukup menggiurkan. Bahkan anda bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Hanya saja anda perlu juga mencari relasi yang banyak agar pulsa maupun paket data yang anda jual lebih banyak terjual.

Tentunya keuntungan yang didapatkan bisa membantu keuangan anda selama kuliah. Bahkan bisa mencukupi kebutuhan harian anda.

2. Menjadi Penulis Lepas

Bagi anda yang memiliki hobi menulis. Hal tersebut sebenarnya bisa dijadikan sebagai usaha sampingan. Usaha sampingan sebagai penulis lepas ini sangat cocok juga dilakukan oleh mahasiswa.

Menjadi penulis lepas ini bisa dilakukan dimana pun. Dalam artian anda bisa menulis ditempat yang berbeda. Bahkan bisa dilakukan ketika anda sedang nongkrong di suatu kafe dan berbagai tempat lainnya.

Artikel menarik Lainnya:  Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

Keuntungan yang didapatkan ketika menjadi penulis lepas juga tergolong menggiurkan. Sudah banyak penulis lepas kalangan mahasiswa yang sukses mendapatkan keuntungan besar sampai saat ini.

Cukup mudah sebenarnya mencari konsumen terkait kebutuhan tulisan. Anda bisa melihat betapa banyak website maupun blog yang tumbuh setiap harinya. Tentu saja mereka membutuhkan tulisan setiap waktu.

Dari hal itu tentunya bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Sebari menunggu kiriman dari kedua orang tua. Hanya saja anda perlu juga memperhatikan kualitas tulisan yang diberikan.

Semakin baik kualitas tulisan anda, maka semakin besar juga peluang anda mendapatkan keuntungan besar setiap waktunya. Bahkan semakin besar juga peluang mendapatkan konsumen lebih banyak lagi.

3. Jasa Transportasi Online

Sudah menjadi rahasia umum bila saat ini untuk mendapatkan transportasi cukup mudah. Cukup menggunakan perangkat smartphone saja orang sudah bisa memesan transportasi yang diinginkan.

Bila saat ini anda memiliki kendaraan pribadi yang mungkin sering digunakan menuju kampus. Mengapa hal tersebut tidak anda gunakan juga untuk bergabung dalam transportasi online. Sering juga dikenal dengan ojek online.

Menjalani aktivitas ojek online ini bisa saja anda lakukan di sela waktu luang. Bahkan ada banyak kalangan mahasiswa lainnya yang menjalani profesi ojek online hingga saat ini. Tujuannya jelas untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yang mungkin bisa membantu keuangan sehari-hari.

Namun perlu diingat. Sebaiknya anda jangan terlena untuk mendapatkan keuntungan saja. Alangkah lebih baik fokus juga pada tujuan awal anda, yakni tetap menjalankan kegiatan harian kampus.

Profesi sebagai ojek online sebenarnya termasuk juga dalam usaha sampingan untuk mahasiswa. Bahkan memiliki peluang mendapatkan keuntungan besar juga bila dijalani dengan serius dan konsisten.

4. Menjadi Fotografer

Sekalipun saat ini anda masih berstatus sebagai mahasiswa aktif. Sebenarnya anda juga bisa menjadi seorang fotografer. Kegiatan ini bisa dilakukan di waktu luang anda. Jenis usaha sampingan menjadi fotografer bisa dikatakan jenis usaha yang sedang banyak digeluti beberapa mahasiswa saat ini.

Bukan tanpa alasan mengapa banyak mahasiswa yang menjalani profesi ini. Semuanya dikarenakan bisa mendapatkan keuntungan lumayan besar.

Fotografer sebenarnya bukan hanya untuk melakukan foto pada model saja. Namun bisa juga untuk memfoto berbagai macam produk dan lainnya. Ada banyak saat ini beberapa tempat usaha membutuhkan seorang yang memiliki keahlian di bidang fotografer.

Artikel menarik Lainnya:  Tempat Wisata Edukatif Jabodetabek (Part 6 – Depok)

Tujuannya jelas agar bisa memasarkan produk mereka tampak lebih profesional lagi. Hal seperti ini sebenarnya yang bisa anda jadikan sebagai jalan untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Cukup modal kamera serta pengetahuan maupun pengalaman, maka anda sudah bisa menjadi fotografer kalangan mahasiswa.

5. Menjadi Web Developer

Bila anda termasuk seorang mahasiswa di bidang IT. Tentunya ada banyak peluang yang bisa anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai usaha sampingan. Salah satunya menjadi seorang web developer.

Hingga saat ini ada banyak pihak yang membutuhkan keahlian di bidang web developer. Tujuannya agar mereka bisa memiliki website sendiri untuk memasarkan produk maupun usaha yang sedang dijalankan.

Perlu anda ketahui, menjadi web developer menjadi salah satu jenis usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Bahkan tidak jarang beberapa mahasiswa meraih kesuksesan dengan bermodalkan kemampuan di bidang programming.

Profesi web developer tentunya bisa juga anda jalankan di waktu luang kuliah. Hanya saja kemampuan yang anda miliki harus terus dilatih dan harus mampu mengikuti perkembangan saat ini. Tujuannya agar semakin banyak konsumen yang menggunakan jasa anda nantinya di bidang pembuatan website dan hal lainnya yang masih mencakup web developer.

6. Menjadi Reseller

Reseller bisa dikatakan salah satu jenis usaha sampingan yang sangat cocok untuk mahasiswa. Bahkan jenis usaha ini juga cukup mudah dijalankan. Anda tidak perlu pusing menyiapkan barang yang ingin dijual pada konsumen. Dikarenakan sudah disiapkan oleh produsen.

Tugas anda hanya mencari calon pembeli sebanyak-banyaknya. Semakin banyak pembeli yang melakukan transaksi maka semakin besar juga keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Namun pastikan produsen yang bekerja sama dengan anda sudah terpercaya. Tujuannya agar anda tidak mengalami hal yang tidak diinginkan nantinya. Misalnya saja yang berdampak pada tingkat kepuasan pelanggan hingga pada jumlah keuntungan yang harusnya anda dapatkan.

Masih banyak lagi sebenarnya jenis usaha sampingan untuk anak kuliah yang menjanjikan. Terutama terlepas dari beberapa poin yang sudah disebutkan di atas. Intinya, ada baiknya anda memanfaatkan waktu luang anda pada hal positif bahkan pada hal produktif.

Selain bisa menambah pengalaman, tentunya bisa juga menambah uang saku anda saat kuliah. Dengan demikian anda juga sudah berusaha membantu kedua orang tua untuk membiayai uang kuliah anda saat ini.


Like it? Share with your friends!

66
77 shares, 66 points

What's Your Reaction?

hate hate
826
hate
confused confused
354
confused
fail fail
1180
fail
fun fun
1062
fun
geeky geeky
944
geeky
love love
590
love
lol lol
708
lol
omg omg
354
omg
win win
1180
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format