DUA SISWA MTSN 6 SLEMAN CIPTAKAN MEJA SETRIKA PENGHASIL LISTRIK

1 min


73
83 shares, 73 points

Kegiatan menyetrika menjadi salah satu kegiatan paling vital dalam rumah tangga. Dalam kegiatan menyetrika, seringkali terdapat energi panas yang terbuang dikerenakan adanya jeda saat kita melipat pakaian. Padahal dari energi panas yang terbuang itu dapat dimanfaatkan kembali menjadi energi listrik yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

 Berdasarkan hal tersebut, peneliti dari MTs Negeri 6 sleman yang terdiri dari Zahra Karomatul ‘Ayni dan Shafa Alya Nureta dengan guru pembimbing Muhammad Lutfil Hakim membuat inovasi guna memanfaatkan energi panas terbuang dalam kegiatan menyetrika menjadi energi listrik bernama ITEG (Iron Table Electricity Generator). ITEG merupakan meja setrika yang dapat mengubah energi panas yang terbuang pada setrika menjadi energi listrik menggunakan komponen termoelektrik. Termoelektrik adalah sebuah komponen yang apabila salah satu bagian sisinya memperoleh suhu panas dan sisi lainnya dingin maka akan menghasilkan energi listrik.

Zahra Karomatul ‘Ayni menuturkan bahwasanya ide pembuatan alat ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang ia lakukan bersama Shafa Alya Nureta dalam rangka memenuhi tugas program madrasah unggulan KIR di sekolah. Dari hasil observasi yang dilakukan kemudian mereka menyimpulkan bahwasanya dalam terdapat energi panas terbuang dalam kegiatan menyetrika, padahal berdasarkan pengetahuan yang sudah mereka terima bahwasanya energi panas dapat dimanfaatkan menjadi energi listrik. Hasil observasi kemudian mereka diskusikan dengan guru pembimbing KIR hingga tercetuslah ide membuat ITEG.

Artikel menarik Lainnya:  Tempat Wisata Edukatif Yogyakarta

Inovasi ini kemudian diajukan dalam ajang kompetisi penelitian yang diadakan Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia bernama Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) 2019. Inovasi brilian ini menjadi salah satu dari sembilan finalis kompetisi MYRES yang akan berjuang memperebutkan gelar juara 1, juara 2 dan juara 3
.
Follow @pelajarinfo.id


Like it? Share with your friends!

73
83 shares, 73 points

What's Your Reaction?

hate hate
236
hate
confused confused
944
confused
fail fail
590
fail
fun fun
472
fun
geeky geeky
354
geeky
love love
1180
love
lol lol
118
lol
omg omg
944
omg
win win
590
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format