Pejuang PTN 2021 Harus tau! ini Jalur Seleksi Masuk PTN 2021

2 min


70
80 shares, 70 points
Ujian

Info Pelajar – Bagi anda yang baru lulus sekolah menengah atas pada tahun 2020 lalu, dan kini tengah berjuang masuk PTN. Maka anda layak disebut pejuang PTN 2021. Kenapa demikian ? karena layaknya pejuang, anda akan dihadapkan pada segala persoalan mengenai perjuangan untuk masuk ke PTN yang tidak mudah.

Bukan hanya proses seleksinya yang ketat, namun juga kelengkapan administrasi serta biaya  untuk mengikuti proses seleksi tersebut juga hendaknya diperhitungkan. Maka dari itu, sebelum anda mulai berjuang masuk PTN tahun ini. Kenali dulu yuk apa saja jalur seleksi masuk PTN yang bisa anda ikuti nantinya.

SNMPTN Dan SBMPTN, Pejuang PTN 2021 Harus Bisa Membedakannya

Setelah anda mencari tahu PTN mana yang ingin anda masuki, maka langkah selanjutnya, anda harus menentukan jalur  seleksi masuk PTN yang akan dipilih. Apakah itu dengan jalur SNMPTN ataupun SBMPTN. Lho, bukannya keduanya sama saja ? Tidak juga, karena ternyata ada banyak perbedaan yang mendasari kedua program seleksi masuk PTN tersebut. Diantaranya :

1. SNMPTN

SNMPTN

SNMPTN sendiri merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sebenarnya perannya hampir sama dengan SBMPTN, yang sama-sama merupakan proses seleksi masuk PTN. Hanya saja, untuk SNMPTN ini memiliki karakteristik seperti di bawah ini. diantaranya :

  • Dikenal sebagai jalur undangan, dimana pejuang PTN 2021 diharuskan menyertakan laporan nilai akademik berikut prestasi yang pernah diraih selama di sekolah menengah atas.

  • Waktu seleksi biasanya dilakukan antara bulan Januari hingga Februari.

  • Yang menjadi patokan dalam proses seleksi dengan jalur ini, selain nilai akademik selama 5 semester terakhir, juga ditentukan oleh nilai prestasi, jejak alumni hingga akreditasi sekolah.

  • Biaya untuk mengikuti seleksi untuk jalur ini gratis, alias tidak berbayar.

  • Untuk jalur SNMPTN ini, PTN menyediakan kuota sekitar 20% dari keseluruhan mahasiswa baru.

2. SBMPTN

SBMPTN

Berbeda dengan SNMPTN, untuk jalur SBMPTN ini tidak memerlukan nilai akademik dan akreditasi sekolah dalam seleksi masuknya. SBMPTN sendiri merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.  Sebagai pejuang PTN 2021, anda hendaknya mengetahui ciri dan karakteristik dari jalur seleksi SBMPTN ini. Diantaranya :

  • Sering dijadikan pilihan kedua, jika SNMPTN tidak lolos.

  • Waktu seleksinya berlangsung antara bulan Mei hingga Juni.

  • Untuk proses seleksinya menggunakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer ( UTBK ). Ada 2 UTBK yang harus diikuti oleh pejuang PTN 2021 yang memilih jalur ini. Yaitu UTBK TKA ( tes kemampuan akademik ) dan UTBK TPS ( tes potensi skolastik ). Kedua UTBK tersebut diadakan dalam 1 hari.

  • Biaya pendaftaran untuk mengikuti SBMPTN ini yaitu sekitar 200 ribu hingga 350 ribu rupiah. Dimana untuk kelompok ujian saintek dan soshum, anda diwajibkan membayar sekitar 200 ribu rupiah. Sementara untuk kelompok ujian campuran dikenakan biaya sekitar 350 ribu rupiah.

  • Untuk biaya pendaftaran ini harus ditransfer melalui bank, dan batas waktu pembayarannya maksimal 1 hari sebelum proses seleksi. Baru kemudian, anda bisa mendapatkan kartu peserta ujian.

  • Kuota yang diberikan untuk penerimaan mahasiswa dengan jalur ini yaitu sekitar 40% dari total keseluruhan.

Itu dia penjelasan mengenai jalur seleksi masuk PTN yang bisa anda ikuti. Setelah mengetahui perbedaan dan karakteristik dari kedua jalur seleksi masuk PTN tersebut. Anda bisa segera mempersiapkan apa saja yang sekiranya dibutuhkan dalam mengikuti proses seleksi tersebut. Dan tentu saja, tetap semangat dan pantang menyerah, adalah kunci utama bagi para pejuang PTN 2021 ini.


Like it? Share with your friends!

70
80 shares, 70 points

What's Your Reaction?

hate hate
472
hate
confused confused
1180
confused
fail fail
826
fail
fun fun
708
fun
geeky geeky
590
geeky
love love
236
love
lol lol
354
lol
omg omg
1180
omg
win win
826
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format