Universitas Terbaik Bidang Ekonomi Dan Keuangan Versi SIR 2022

4 min


72
82 shares, 72 points
UI termasuk Universitas terbaik bidang ekonomi dan keuangan 2022

Universitas Terbaik Bidang Ekonomi Dan Keuangan Versi SIR 2022 – Berencana untuk belajar ekonomi atau keuangan? Nah, daftar Universitas Terbaik di bidang ekonomi dan keuangan versi Scimago Institutions Rankings (SIR) 2022 bisa menjadi bahan tambahan untuk pertimbangan Anda. Dilansir dari website kami, SIR 2022 merilis daftar universitas terbaik di Indonesia dan dunia.

Terdapat 3 kelompok indikator yang digunakan dalam pemeringkatan yaitu 50% kinerja penelitian, 30% inovasi, dan 20% dampak sosial yang diukur dengan visibilitas di web dengan data selama periode 5 tahun. Selanjutnya, kelompok indikator penelitian terdiri dari 13% indikator normalisasi dampak, 8% keunggulan kepemimpinan, keluaran, 5% kepemimpinan ilmiah, 3% jurnal non-sendiri, 3% jurnal sendiri, 2% keunggulan, 2% kolaborasi internasional, 2% terbuka akses , dan 2% basis bakat ilmiah.

Sedangkan kelompok indikator inovasi terdiri dari 10% pengetahuan inovatif, 10% paten, dan 10% dampak teknologi. Kelompok indikator dampak sosial terdiri dari 10% indikator altmetrik, 5% tautan masuk, dan 5% ukuran web.

SIR 2022 juga merinci daftar universitas terbaik berdasarkan bidang ilmu, antara lain komunikasi, kedokteran, ilmu sosial, bisnis, teknik, hingga ekonomi dan keuangan. Berdasarkan pemeringkatan SIR 2022, berikut universitas terbaik Indonesia di bidang ekonomi, ekonometrika, dan keuangan:

1. Universitas Sumatera Utara

USU Termasuk 5 Universitas Terbaik Bidang Ekonomi

Universitas Sumatera Utara (USU) sebelumnya didirikan sebagai Yayasan Universitas Sumatera Utara pada tanggal 4 Juni 1952. Yayasan ini didirikan oleh Abdul Hakim Harahap yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara. Keinginan untuk membangun universitas di Medan sudah ada sebelum Perang Dunia II dimulai, namun tidak disetujui oleh pemerintah Belanda.

Pada masa pendudukan Jepang, orang-orang terkemuka di Medan yang membuat rencana untuk mendirikan perguruan tinggi kedokteran. Setelah Indonesia merdeka, pemerintah mengangkat Mohammad Djamil sebagai ketua panitia perencanaan pembangunan universitas. Konflik Revolusi Nasional Indonesia tahun 1945 hingga 1949 menunda pembangunan. Abdul Hakim kemudian berinisiatif mengajak masyarakat Sumut untuk menghimpun dana sosial untuk pendirian universitas.

Pada tanggal 20 Agustus 1952, setelah kerjasama dan bantuan moril dan materil dari masyarakat Sumatera Utara yang pada waktu itu masih meliputi Provinsi Aceh, berdirilah Fakultas Kedokteran dengan jumlah mahasiswa 27 orang. Disusul dengan berdirinya Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (1954), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (1956), Fakultas Pertanian (1956), dan Fakultas Kedokteran Gigi USU pada tanggal 19 Oktober 1961.

Pada tanggal 20 November 1957, USU diresmikan oleh Soekarno sebagai universitas negeri ke-7 di Indonesia. Tanggal pelantikan ini kemudian ditetapkan sebagai Dies USU yang diperingati setiap tahun hingga tahun 2001. Atas usulan beberapa anggota senat universitas, Dies USU ditinjau kembali. Senat akhirnya memutuskan hari jadi USU ditetapkan pada 20 Agustus 1952, saat perkuliahan pertama kali dimulai.

Artikel menarik Lainnya:  Sekolah di rumah "menyiksa" siswa, kenapa?

Pada tahun 1959, Fakultas Teknik di Medan dan Fakultas Ekonomi di Banda Aceh diresmikan oleh Soekarno. Kemudian pada tahun 1960 di kota yang sama didirikan Fakultas Kedokteran dan Peternakan. Saat itu USU terdiri dari tujuh fakultas, yaitu lima fakultas di Medan dan dua fakultas di Banda Aceh. Dalam perjalanan usianya, berbagai program pembangunan yang dilakukan telah membawa banyak kemajuan yang membuat USU berkembang hingga seperti sekarang ini.

Saat ini USU mengelola lebih dari seratus program studi yang terdiri dari berbagai jenjang pendidikan tinggi, yang tercakup dalam 10 fakultas dan satu program pascasarjana.

2. Universitas Indonesia

UI Termasuk 5 Universitas Terbaik Bidang Ekonomi

Universitas Indonesia, disingkat UI, adalah sebuah universitas di Indonesia. Kampus utama terletak di bagian utara Depok, Jawa Barat, tepat di perbatasan antara Depok dan Jakarta Selatan, sedangkan kampus utama lainnya terletak di Salemba, Jakarta Pusat. UI dianggap sebagai salah satu dari tiga universitas terbaik di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

Cikal bakal berdirinya Universitas Indonesia adalah ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah dengan tujuan menghasilkan tambahan tenaga medis yang memiliki sertifikat untuk melakukan perawatan dasar dan mendapatkan gelar Dokter Jawa. Secara resmi, UI memulai kegiatannya pada tanggal 2 Februari 1950 dengan presiden pertama (sekarang disebut rektor) Ir. RM Pandji Soerachman Tjokroadisoerio. Tanggal ini dijadikan sebagai hari lahir Universitas Indonesia.

3. Universitas Gadjah Mada

UGM Termasuk 5 Universitas Terbaik Bidang Ekonomi

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada berdiri pada tahun 1955 sebagai hasil reorganisasi Fakultas Hukum, Ekonomi, dan Sosial Politik. FEB UGM memiliki sekitar 5.500 mahasiswa aktif dan didukung oleh lebih dari 200 tenaga pengajar dan profesional. FEB menawarkan program gelar mulai dari sarjana, magister, doktoral dan profesional.

Program studi ditawarkan oleh Departemen Akuntansi, Departemen Ekonomi, dan Departemen Manajemen. Departemen ini didukung oleh staf pengajar yang sangat kompeten, yang sebagian besar bergelar doktor dari universitas terkemuka di luar negeri. Setelah beberapa tahun menempati Pementasan Keraton, mulai tahun 1958 Fakultas Ekonomi UGM pindah ke Bulaksumur dan menempati sebagian Gedung Pusat Administrasi Universitas Gadjah Mada.

Pada Januari 1989, Fakultas Ekonomi pindah lagi dan mulai menempati gedung baru di Jalan Humaniora yang masih digunakan sampai sekarang. Perubahan nama Fakultas Ekonomika UGM menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM adalah untuk memenuhi tujuan go international, pihak fakultas memandang perlu menggunakan istilah-istilah yang berlaku secara internasional yang memudahkan FEB untuk beradaptasi di dunia internasional, tanpa kebingungan antara nama fakultas dan program studi atau jurusan di bawah fakultas.

Artikel menarik Lainnya:  Cerita Andi Safa Afianzar Lolos ITB di Usia 16 Tahun

4. Universitas Diponegoro

UNDIP Termasuk 5 Universitas Terbaik Bidang Ekonomi

Program Studi Sarjana (S1) Fakultas Ekonomika dan Bisnis diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai lulusan Ekonomi dan Bisnis. Mahasiswa diharapkan mampu menjadi manusia yang dapat mengembangkan diri dan bertanggung jawab secara kolektif terhadap pembangunan nasional.

Program Doktor Ilmu Ekonomi (PDIE) adalah Program Doktor Ilmu Ekonomi atau Akuntansi yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu berperan aktif dalam merumuskan dan memecahkan masalah ekonomi atau akuntansi dengan kajian teoritis dan empiris melalui penelitian pengembangan. berbasis interdisipliner untuk menghasilkan karya kreatif, inovatif, dan orisinal yang diakui secara nasional maupun internasional.

Program Magister di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro terdiri dari Program Studi Magister Manajemen, Program Studi Magister Akuntansi, dan Program Studi Magister Ekonomi. Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, kompeten di bidang ekonomi dan bisnis, mandiri, serta mampu bersaing secara global.

Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akuntansi dan menguasai keterampilan profesional di bidang akuntansi. Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) Terakreditasi A.

5. Universitas Airlangga

UNAIR Termasuk 5 Universitas Terbaik Bidang Ekonomi

Biaya kuliah UNAIR untuk program sarjana baik untuk jalur SNMPTN maupun SBMPTN menggunakan sistem pembayaran UKT (SPP) yang dibayarkan setiap semester. UKT adalah biaya kuliah yang ditanggung mahasiswa selama satu semester. UKT dikelompokkan berdasarkan jumlah pendapatan dari kedua orang tua siswa. Selain itu, semakin cepat mahasiswa lulus, maka biaya kuliah mahasiswa akan semakin murah.

Besaran UKT UNAIR untuk jalur masuk SBMPTN dan SNMPTN mulai dari Rp. 0.00 (untuk beasiswa paling murah/bidikmisi) sampai yang paling mahal Rp. 25.000.000,00 per semester. Sedangkan untuk jalur mandiri, UNAIR akan menggunakan biaya UKT ditambah UKA (Biaya Pendidikan Awal). UKA adalah tarif minimum yang dibayarkan satu kali saat pertama kali masuk.

Besaran UKA untuk jalur mandiri mulai dari yang paling murah Rp. 20.000.000,00 sampai yang paling mahal yaitu Rp. 99,000,000.00 yang dibayarkan saat pertama kali masuk. Kapasitas Universitas Airlangga adalah jumlah kuota dari program studi atau jurusan pada saat pendaftaran UNAIR. Kapasitas UNAIR terbagi untuk jalur masuk SNMPTN UNAIR (Jalur Undangan Raport), Jalur SBMPTN UNAIR (Jalur Ujian Tulis), dan Jalur Mandiri UNAIR.

Demikian ulasan artikel tentang Universitas Terbaik Bidang Ekonomi Dan Keuangan Versi SIR 2022, semoga bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

72
82 shares, 72 points

What's Your Reaction?

hate hate
944
hate
confused confused
472
confused
fail fail
118
fail
fun fun
1180
fun
geeky geeky
1062
geeky
love love
708
love
lol lol
826
lol
omg omg
472
omg
win win
118
win
Super Admin

Legend

Berbagi dan belajar adalah kecintaan super admin pelajarinfo.id, semoga dengan adanya pelajarinfo.id dapat berguna bagi semua dan bisa mencapai cita-citanya yang terinspirasi dari UUD 1945 yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format